Desember 6, 2022
Kamu Wajib Tahu! Syarat Kuliah di Turki

Wajib Tahu! Inilah Syarat Kuliah di Turki

Syarat Kuliah di Turki – Jika dibandingkan dengan negara-negara lain, syarat kuliah di Turki memang tidak terlalu rumit. Namun tetap saja kita harus memperhatikan dengan baik persyaratan yang diminta oleh pihak universitas agar semua berjalan dengan baik.

Sebenarnya tiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Namun segara garis besar sudah kami rangkum dalam tulisan ini. Jadi bagi kamu yang ingin kuliah di Turki, sebaikanya kamu mempersiapkan semua persyaratan ini dari jauh-jauh hari.

Syarat Dokumen

Biodata Lengkap

Biodata ini biasanya berisi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, asal sekolah, nomor paspor, nama ayah dan ibu dan lain sebagainya. Pastikan kamu menulis biodata dengan benar, terutama pada bagian nama dan tanggal lahir.

Paspor

Paspor adalah dokumen wajib yang harus kamu miliki untuk kuliah di Turki. Karena salah satu kolom yang harus kamu isi saat pendaftaran adalah nomor paspor. Bagi kamu yang belum memiliki paspor. Ada baiknya membuat dari sekarang. Jangan lupa perhatikan tanggal berakhirnya paspor. Jika paspor kamu masa berlakunya akan habis dalam waktu 12 bulan saat kamu akan mendaftar kuliah di Turki, ada baiknya kamu perpanjang paspor terlebih dahulu.

Pas Photo

Biasanya pas photo yang diminta berukuran 4×6 cm. Photo memakai baju rapi, formal dan sopan. Untuk background lebih baik berwarna putih.

Ijazah Terakhir

Bagi kamu yang akan daftar kuliah S1, maka kamu perlu mempersiapkan ijazah SMA/MA. Jika belum keluar, kamu bisa menggunakan SKL atau Surat Keterangan Lulus yang dikeluarkan pihak sekolah.

Baca Juga :  Apakah Perlu Agen Kuliah di Turki?

Transkrip Nilai

Salah satu dokumen yang harus kamu siapkan adalah transkrip nilai. Berbeda dengan rapot, transkrip nilai adalah rangkuman nilai kamu dari kelas X sampai kelas XII. Jadi transkrip nilai ini biasanya hanya satu atau dua halaman.

Baca juga : Pendaftaran Istanbul University 2021

Syarat Nilai Akademik

Nilai Ujian YÖS

YÖS (Yabancı Uyruklu Öğrenci Sınavı) adalah ujian masuk universitas Turki untuk warga berkebangsaan asing. Hampir semua universitas mengadakan ujian YÖS. Ada yang mengadakan hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Ada juga yang hanya mengadakan ujian YÖS di Turki saja. Di antara universitas yang mengadakan ujian YÖS di Indonesia adalah Istanbul University, Sakarya University, Bursa Uludağ University. Sementara itu Universitas yang mensyaratkan YÖS sebagai nilai untuk mendaftar adalah Marmara University, Ankara University, Gaziantep University, Anadolu University dan lain sebagainya. Biasanya nilai minimal untuk mendaftar dengan YÖS adalah 50/100.

Nilai SAT

SAT (Scholastic Aptitude Test) adalah ujian standarisasi Amerika yang digunakan untuk mendaftar universitas. Tidak hanya Turki, banyak negara yang menjadikan nilai SAT sebagai acuan untuk menerima calon mahasiswa internasional. Di antara universitas yang menerima nilai SAT adalah Hacettepe University, Orta Doğu Teknik University, Mimar Sinan University, Marmara University, Yıldız Teknik University, İstanbul Teknik University, Bursa Teknik University, Bursa Uludağ University dan lain sebagainya.

Baca juga : 5 Fakta Unik Tentang Kuliah di Turki

Nilai Rata-Rata Ijazah

Jika kamu tidak memiliki nilai ujian YÖS atau SAT, kamu bisa menggunakan nilai rata-rata ijazah yang tertera di belakang ijazahmu. Nilai itulah yang akan dipertimbangkan universitas apakah kamu bisa mendapatkan kursi di fakultas dan jurusan yang kamu pilih. Biasanya nilai rata-rata ijazah yang diminta oleh universitas minimal 70/100. Universitas yang menerima mahasiswa dengan nilai rata-rata ijazah antara lain Kırklareli University, Bandırma On Yedi Eylül University, Trakya University, Çanakkale University dan Bursa Teknik University.

Baca Juga :  5 Universitas Di Izmir Turki

Demikian syarat kuliah di Turki yang perlu kamu persiapkan dari sekarang. Semoga kamu bisa kuliah di Turki dan mendapatkan universitas serta jurusan impian kamu.

2 thoughts on “Wajib Tahu! Inilah Syarat Kuliah di Turki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *