Desember 6, 2022

4 Fakta Menarik Bogazici University

Akhir-akhir ini minat untuk kuliah di luar negeri cukup ramai dibicarakan. Tidak cuma kuliah di benua Eropa atau Amerika, benua Asia pun menjadi tujuan pendidikan utama para calon mahasiswa. Salah satunya adalah negara multikultural Turki yang terletak di dua benua sekaligus, Asia dan Eropa.

Universitas-universitas terbaik di Turki juga tidak kalah saing dengan universitas-universitas di Eropa atau Amerika. Diantaranya adalah Bogazici University yang merupakan rintisan kampus dari Amerika Serikat. Lho, bagaimana ceritanya? Nah, berikut kami akan mengulas 4 informasi penting tentang Bogazici University untuk kamu.

Universitas di Turki Rasa Amerika

Pendiri Bogazici University adalah dua orang pria berkebangsaan Amerika Serikat yang lahir dan besar di New York. Mereka adalah Dr. Cyrus Hamlin, seorang arsitek, dosen, technician dan investor, satu lagi adalah Christopher Robert, seorang dermawan yang kaya raya.

Berdiri pada tahun 1863, Dr. Cyrus Hamlin ditunjuk sebagai rektor pertama Bogazici University. Kultur dan bahasa di Bogazici banyak dipengaruhi oleh pendidikan barat ala Amerika Serikat. Hal ini pulal yang membuat Bogazici menjadi salah satu universitas terbaik di Turki dengan akreditasi A.

Walaupun tidak banyak universitas di Turki yang memakai bahasa Inggris sebagai pengantar, kamu akan tetap dengan nyaman berbahasa Inggris di Bogazici, hal ini dikarenakan bahasa pengantar di universitas ini adalah bahasa Inggris.

Terletak di Tepi Selat Bhosporus

Sebelum kita berbicara pada ulasan prestasi akademik dan beragam informasi fakultas Bogazici University, kamu harus tahu tentang satu informasi menarik. Fakta bahwa lokasi kampus ini sangat dekat dengan selat Bhosporus.

Baca Juga :  Biaya Kuliah Dan Hidup di Turki. Ternyata Semurah Ini!

Ini berarti separuh wilayah kampus terletak di benua Asia, sedangkan separuhnya lagi berada di benua Eropa. Pemandangan alam berupa lautan lepas dengan daratan hijau akan memanjakan pandanganmu. Selain itu, ada banyak sekali anjing dan kucing liar nan cantik yang berada di wilayah kampus.

Tanah lokasinya sendiri adalah milik orang Turki bernama Ahmet Vefik Pasa. Pada awalnya, ia tak berniat menjual lahannya tersebut. Namun, setelah mengetahui bahwa pembangunan sudah mendapat izin Sultan Turki dan tidak boleh ada bangunan yang pembangunannya tidak diketahui Sultan. Maka Ahmet pun bersedia menjualnya.

Empat Fakultas Unggulan Bogazici University

Tidak hanya memiliki 2 sekolah pasca sarjana dengan 33 program doktoral, Bogazici University juga memiliki 4 fakultas dengan bermacam-macam jurusan. Fakultas Seni dan Sains membawahi sekitar 13 departemen yaitu departemen Sejarah, Kimia, Matematika, Linguistik, Biologi dan Genetika, Fisika, Filsafat, Psikologi, Sosiologi, Studi Terjemah dan Interpreting, Bahasa dan Sastra Turki serta Bahasa dan Sastra Dunia Barat.

Sementara itu, tiga fakultas lainnya seperti Fakultas Ilmu Ekonomi dan Administrasi membawahi departemen Ilmu Ekonomi, Ilmu Manajemen dan Ilmu Politik serta Hubungan Internasional.

Fakultas Pendidikannya membawahi enam departemen yaitu Pendidikan Sains, Pendidikan Komputer dan Pendidikan Teknologi, Pendidikan Bahasa Asing, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Matematika.

Bagi kamu yang mau masuk ke Fakultas Teknik, ada beberapa pilihan jurusan yang dapat kamu pilih, yaitu Teknik Kimia, Teknik Sipil, Teknik Komputer, Teknik Elektronik, Teknik Industri serta Teknik Mesin.

Fasilitas Kampus yang Sangat Lengkap

Dengan banyaknya calon mahasiswa yang datang dan mendaftar di Bogazici University, maka pihak universitas juga menyediakan berbagai fasilitas demi memenuhi kebutuhan mahasiswa.

Diantaranya adalah 44 student club seperti klub bagi para interpreter, klub lingkungan, klub menari, klub linguistik dan sastra serta masih banyak lagi.

Baca Juga :  Profil dan Biaya Kuliah di Canakkale Onsekiz Mart University

Sementara itu juga tersedia klinik kesehatan, berbagai bank untuk kebutuhan keuangan kamu, pusat olahraga, pusat bahasa, pusat kesenian, perpustakaan dengan 500 ribu buku, 3 juta e book, 72 ribu jurnal dan koran elektrik, 2 ribu buku brailler dan banyak lainnya. Kampus juga memiliki 141 laboratorium dan 42 pusat penelitian.

Berbagai Prestasi Bogazici University

Bukan hanya fasilitas lengkap dan modern yang kamu dapat di Bogazici University. Universitas ini bahkan memiliki 300 perjanjian kerjasama untuk pertukaran pelajar dengan berbagai kampus di luar Turki, baik di Eropa, Asia, Australian, Amerika hingga Afrika. Dengan total hampir 50 ribu pelajar di Bogazici, dapat dipastikan kamu akan memiliki banyak sekali kesempatan bersaing.

Tidak hanya pertukaran pelajar, Bogazici juga memiliki berbagai seminar dan workshop internasional yang bisa kamu ikuti. Berbagai perlombaan seperti membuat robot dan penulisan jurnal ilmiah juga sering dimenangkan oleh kampus terindah di Turki ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *