Desember 6, 2022
Mengintip 5 Jurusan Kuliah Di Turki Paling Disukai Di Dunia

Mengintip 5 Jurusan Kuliah Di Turki Paling Disukai Di Dunia

Jurusan Kuliah di Turki – Turki merupakan salah satu negara yang mempunyai sejarah panjang di mana lokasinya berada di antara benua barat dan timur. Lokasinya sungguh strategis sehingga dalam hal perekonomian Turki tergolong maju. Karena letaknya ini juga yang menyebabkan perpaduan budaya Eropa dan Asia menjadi satu.

Turki yaitu negara yang telah membangun korelasi baik dengan negara-negara di Eropa dan menjadi negara Republik semenjak tahun 1923 dengan mengadaptasi ekonomi liberal. Karena pemerintahan ini jugalah yang membuat kemajuan pesat selaku negara meningkat . Tak heran jikalau Turki menjadi salah satu negara yang menjadi destinasi wisata serta mencar ilmu bagi banyak orang di seluruh dunia.

5 Alasan Kuliah di Turki bagi Mahasiswa Indonesia

Alasan Kuliah di Turki bagi Mahasiswa Indonesia

Turki adalah daerah tinggal bagi beberapa etnik dan kekayaan kebudayaannya membuat negara ini yang teraman bagi keberagaman. Semua universitas baik negeri dan swasta, menerapkan gaya pendidikan modern yang terbuka secara internasional. Oleh karena itu, bahasa yang digunakan untuk pengantar dalam kuliah adalah bahasa Inggris dan Turki.

Adanya bahasa Inggris pasti membuat lebih mudah kamu untuk bisa belajar di tingkat university. Selain itu semua mahasiswa juga akan menerima kursus bahasa Turki secara khusus baik itu mahasiswa baru atau transfer. Bahasa pasti menjadi salah satu alasan mengapa kuliah di Turki cukup digemari.

Walaupun Turki tidak terlampau terkenal dengan negara mirip Inggris, Amerika atau Australia, namun ada beberapa alasan lainnya mengapa kau mesti memilihnya. Berikut ini beberapa argumentasi mengapa kuliah di Turki menguntungkan bagi mahasiswa Indonesia.

Baca Juga :  Tips Memilih Agen Kuliah di Turki

1. Kesempatan mendapatkan beasiswa sangat tinggi

Alasan utama mengapa banyak mahasiswa menetapkan untuk kuliah di Turki karena usulan beasiswa nya cukup banyak. Kebanyakan beasiswa diselenggarakan oleh pemerintah Turki untuk menarik banyak mahasiswa asing. Biaya yang dicover pun ada yang full atau sekurang-kurangnya50 sampai 60% dari biaya kuliah. Bukankah sungguh menguntungkan bisa kuliah gratis di mancanegara?

2. Standar pendidikan tinggi dan memiliki fasilitas lengkap

Kebanyakan universitas di Turki memberikan pendidikan tinggi yang memiliki standar tinggi. Dengan kesadaran akan mutu pendidikan yang diajarkan oleh staf pengajar terlatih dan berhasil serta tata cara pendidikan yang biasa dipakai di negara yang lain. Banyak mahasiswa bisa menentukan jurusan kuliah di Turki sesuai dengan minat.

Tak hanya itu, universitas negeri dan swasta di Turki menawarkan kemudahan untuk belajar dengan adanya fasilitas. Seperti kampus yang nyaman, laboratorium, perpustakaan, klub mahasiswa hingga acara lain yang mendukung ketentraman berguru.

3. Negara sebagai tempat tinggal yang nyaman

Bukan hanya sekedar memilih universitas terbaik di Turki, namun kenyamanan daerah tinggal juga harus diperhitungkan. Bagi mahasiswa, tinggal di negara Turki ialah suatu keberuntungan. Karena ada begitu banyak kuliner yummy, daerah bersejarah yang unik, dan masih banyak kebudayaan dan pola hidup yang bisa diketahui.

4. Biaya kuliah di Turki dan Hidup yang Terjangkau

Alasan lainnya yang membuat kuliah di Turki makin menawan yakni biaya yang harus dikeluarkan. Siapa yang mau menyangka bahwa universitas Turki cuma akan menawan biaya kuliah sebesar 3,5 hingga 7 juta rupiah per semesternya?

Biaya ini sudah untuk mahasiswa asing yang mengikuti kelas dengan pengantar bahasa Inggris. Jika kamu ingin kuliah dengan bahasa Turki sebagai pengantarnya akan lebih murah lagi.

Sama halnya dengan ongkos kuliah Turki yang terjangkau, hidup di Turki juga tak menghambur-hamburkan banyak duit. Banyak produk murah dan pastinya terjangkau bagi mahasiswa. Tergantung bagaimana kau akan menerapkan gaya hidup, jika ingin hemat kamu mampu mengolah masakan di rumah dan berlibur hanya dikala piknik semester.

Baca Juga :  Jurusan dan Kuota di Kocaeli University 2021

Baca juga : 10 Universitas Terbaik Di Turki, Mana Pilihanmu?

5. Kesempatan bekerja di Turki

Turki adalah salah satu negara maju dalam hal ekonomi dan masih terus meningkat sampai dikala ini. Setelah lulus dan menerima gelar ada begitu banyak opsi karir yang bisa dipilih. Kamu juga mempunyai potensi untuk mampu tetap tinggal di Turki dan melakukan pekerjaan .

Sekedar info, jumlah bisnis di Turki setiap tahunnya selalu meningkat sebab ada terlalu banyak penanam modal yang tertarik menanam modal.

Kamu mempunyai kesempatan besar untuk bisa kuliah di salah satu perusahaan asing di sana. Belum lagi selama kuliah, kau akan mendapatkan banyak sahabat dari negara lain yang akan membuka kesempatan untuk bisa bekerja di luar Indonesia.

5 Jurusan Kuliah di Turki Paling Favorit

Supaya tidak salah pilih jurusan dan memiliki potensi besar langsung bekerja sesudah lulus, kau mesti memilih jurusan kuliah di Turki dengan sempurna. Pastikan juga jurusan yang kau pilih sesuai dengan passion agar lebih semangat pula belajarnya.

Ditambah lagi jikalau jurusan tersebut yakni jurusan paling disenangi, artinya mutu pengajaran pun akan lebih meningkat.

Jurusan Kuliah di Turki

Jurusan Kuliah di Turki terbaik

Berikut ini beberapa jurusan terbaik di Turki yang menjadi favorit banyak mahasiswa aneh dari negara-negara lainnya.

1. Jurusan Biologi

Ada dua jenis ilmu biologi yang diajarkan di Turki dan menjadi favorit tau biological science dan bio engineering. Keduanya yaitu ilmu yang mempelajari tentang sel, biologi molekuler dan biokimia. Penelitian utama dalam ilmu ini ditujukan pada bioinformatika, biologi molekuler dan flora bioteknologi.

Sebagai dukungan mahasiswa untuk mempelajari ilmu, disediakan juga ilmu pemanis yang mendukung seperti teknik komputer dan elektronik. Jika kepincut dengan jurusan ini, kamu mampu mendaftar ke beberapa universitas mirip Universitas Koc, Universitas Bilkent dan Bilkent Universitas.

2. Jurusan Ekonomi

Turki yang menjadi negara dengan ekonomi juga mempengaruhi opsi pendidikan terbaik di tingkat universitas. Jurusan ekonomi di Turki termasuk favorit, sebab bukan hanya itu saja. Mahasiswa yang lulus dari jurusan ekonomi di Turki rata-rata mendapatkan pekerjaan dalam rentang waktu 6 bulan.

Baca Juga :  4 Fakta Menarik Bogazici University

Ditambah lagi pilihan karir dari jurusan ini sungguh bermacam-macam seperti konsultan administrasi, analis ekonomi hingga broker. Apabila ingin berguru di jurusan ekonomi kamu bisa menentukan universitas yang terbaik mirip Fatih University, Cyprus International University, dan Istanbul Commerce University.

3. Jurusan Hukum

Hukum yakni jurusan yang senantiasa menjadi favorit hampir di seluruh dunia, nah Turki menjadi bab dalam dunia pendidikan yang bisa menyelenggarakan jurusan aturan terbaik. Mengapa jurusan hukum menawan? Karena di jurusan ini mahasiswa nantinya akan belajar untuk memecahkan berbagai masalah kontroversi aturan dengan perspektif multidimensi.

Melalui hukum juga, taraf hidup masyarakat mampu meningkat, serta ekonomi dan politik. Jika ingin belajar aturan di Turki kamu bisa menentukan Hacettepe Universitas, Galatasaray Universitas, Ankara Universitas dan hampir seluruh universitas terbaik.

4. Jurusan Manajemen Bisnis

Tak ingin menjadi ekonom tetapi bisa bekerja di mancanegara dengan leluasa? Kamu bisa menentukan jurusan administrasi bisnis di Turki. Melalui jurusan ini, mahasiswa akan memiliki kemampuan untuk berkontribusi dan membuat strategi bisnis yang sukses.

Baik itu bisnis skala lokal dan internasional. Beberapa universitas yang memberikan jurusan manajemen bisnis terbaik ialah Koc University dan Near East University.

Baca juga : Pendaftaran Istanbul University 2021

5. Jurusan Arsitektur

Ingin berguru teknik arsitektur? Kamu mampu menempuhnya di negara Turki. Selama kuliah kamu akan mengasah keterampilan dalam bidang arsitektur. Selain itu untungnya kuliah di Turki yakni selama menyelesaikan kuliah, kau akan menerima peluang praktek kerja pribadi. Artinya akan ada pengalaman berharga yang ditemukan nantinya.

Nantinya kamu bisa menjadi arsitektur berhasil atau membuka perjuangan sendiri. Untuk menempuh jurusan ini, kamu bisa memilih universitas antara lain, Bilkent University, Yasar University atau Istanbul Technical University.