Desember 6, 2022

25 Daftar Universitas Terbaik Di Dunia Lengkap Dari 7 Negara

Universitas Terbaik di Dunia – Menempuh pendidikan di mancanegara kini tidak sesulit dulu dimana informasi serba terbatas. Walaupun hingga ketika ini masih banyak stigma sekolah di mancanegara itu sulit, nyatanya bertambah banyak orang yang berani untuk kuliah di mancanegara. Baik mahal atau murah tidak menjadi dilema, karena bagi mereka yang tak mampu dalam hal finansial terbantu oleh adanya beasiswa.

Saat ini kuliah di mancanegara bukan lagi hanya sekedar mimpi. Bagi kamu yang ketika ini masih Sekolah Menengah Atas seharusnya mulailah merencanakan diri untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri. Belajar bahasa adalah salah satu syarat penting yang harus dipenuhi. Jika kamu masih bingung menentukan negara tujuan untuk mencari ilmu, setidaknya pelajarilah bahasa Inggris.

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa pengantar yang dipakai nyaris di seluruh negara di dunia. Sambil belajar kau bisa menentukan universitas terbaik di dunia berikut ini yang mana akan menjadi daerah berguru kau nantinya. Sambil terus berusaha untuk menyanggupi syarat masuknya. Yuk cek apa saja daftarnya disini.

Urutan Universitas Terbaik di Dunia dari yang Terbawah

urutan universitas terbaik di dunia

Image: Scholarship-positions.com

Urutan terbawah bukan mempunyai arti mutu yang buruk, namun mempunyai peringkat tamat dari universitas yang bermutu baik di seluruh dunia. Kamu bisa menyesuaikan kriteria dan memilih jurusan yang tersedia di universitas tersebut.

Ga ada salahnya juga untuk memilih universitas yang ada di peringkat pertama. Udah ga tabah mau menentukan? Inilah daftar universitas terbaik di dunia yang ada di 7 negara.

1. National University of Singapore

Dimulai dari negara yang terdekat di Indonesia adalah Singapore. Tak sedikit anak bangsa yang menempuh pendidikan di negara ini, selain bersahabat juga berkualitas dan populer di seluruh dunia.

National University of Singapore adalah universitas terbaik di seluruh Asia dan dunia dengan 17 fakultas yang tersebar di tiga kampus (Kent Ridge, Bukit Timah dan Outram). Hampir 40 ribu mahasiswa berasal dari 100 negara yang berlainan. Jurusan unggulan di universitas ini adalah ilmu komputer, aturan dan ekonomi bisnis.

2. Peking University

Mendengar namanya pasti kamu telah tidak asing dengan universitas yang berada di China ini. Memang benar pepatah ‘raihlah ilmu hingga ke negeri China’, negara ini masuk ke peringkat 24 universitas terbaik di dunia. Hanya mereka yang memiliki skor tertinggi secara mendunia yang bisa masuk ke universitas ini.

Termasuk member C9 League yang mirip dengan Ivy League di Amerika. Telah diresmikan sejak tahun 1898 dan mengalami perubahan sehabis China berubah menjadi Republik. Jurusan ekonomi dan pendidikan yaitu yang terbaik dari universitas ini.

3. Tsinghua University

Masih dari negara China, kali ini telah masih 23 urutan universitas terbaik di dunia. Letaknya berada di bekas taman Dinasti Qing, jadi kalau kau kuliah di sini ada banyak situs bersejarah yang berlokasi di Barat Laut Beijing.

Didirikan sejak tahun 1911 dan menjadi jembatan antara China dan seluruh dunia. Jurusan ekonomi, ilmu komputer dan life science menjadi jurusan yang paling dituju. Di lingkup Asia, Tsinghua University mendapat peringkat nomor satu.

Baca Juga :  Paling Lengkap! Inilah Jurusan di Universitas Istanbul

4. Northwestern University

Universitas terbaik di dunia yang ada di negara Amerika ini didirikan tahun 1855 yang dulunya hanya jurusan bisnis dengan 2 mahasiswa dan 10 staff. Bermula dari jumlah yang kecil, universitas swasta ini terus menerus berkembang sampai menjadi universitas terbaik dalam bidang ekonomi bisnis, psikologi, dan farmasi.

Kampus utama berada di Evanston adalah 10 mile di bab utara Chicago. Motto dari universitas ini yaitu ‘’Whatsoever things are true’’ dan ‘’The world is full of grace and truth’’.

5. University of Michigan-Ann Arbor

Merupakan sebuah universitas negeri di Michigan, Amerika Serikat yang bangun pada tahun 1817. Universitas ini memiliki alumni-alumni terhebat seperti Gerald Ford mantan presiden Amerika, Larry Page Co-founder dari Google, dan pemain film populer Earl Jones. Di tahun 1866, universitas Michigan menjadi yang terbesar di negara Amerika.

Bidang studi yang meraih peringkat tertinggi di dunia dari universitas ini ialah psikologi, pendidikan, seni dan sastra, ekonomi bisnis, dan ilmu sosial.

6. Duke University

Masuk dalam 20 urutan universitas terbaik di dunia yang berada di negara Amerika. Letaknya ada di bab utara California dan menjadi kampus swasta termahal. Berdiri sejak tahun 1838, tetapi baru berganti nama menjadi Duke University di tahun 1924.

Oleh alasannya itu mampu dibilang selaku universitas termuda yang bangun namun sudah terkenal di dunia. Gedung universitas mempunyai arsitektur menarik, dimana dibangun kembali dengan arsitektur Georgian yang diketahui sebagai East Campus.

Sedangkan pada bab West Campus memiliki style Gothic yang gres dibangun sehabis tahun 1930. Jurusan terbaik dari universitas ini ialah aturan, ekonomi bisnis, psikologi dan kedokteran.

7. Cornell University

Sebuah universitas swasta terbaik yang tergolong Ivy League dan sudah berdiri sejak tahun 1865. Misi dari universitas ini yaitu “discover, preserve, and disseminate knowledge’’. Kampusnya tersebar di enam lokasi di seluruh dunia, dengan kampus utamanya di Ithaca, New York.

Kampus yang lain berada di negara mirip Roma dengan jurusan seni, arsitektur. Ada juga di Doha, Qatar untuk bidang studi kesehatan dan pendidikan. Jurusan yang paling bergengsi dari universitas ini yaitu psikologi, ilmu komputer, ilmu kesehatan, dan kedokteran.

8. University of Toronto

Telah menjadi universitas terbaik di dunia sejak didirikan tahun 1827 yang sekarang terkenal dengan penemuan dan penelitiannya. Universitas ini juga menjadi tempat lahirnya stem cell dan insulin sampai inovasi electron microscope.

Tipe pengajarannya sungguh modern dengan bidang studi populer nyaris di semua jurusan seperti farmasi, bisnis, teknik, sastra dan pendidikan. Reputasi yang dimiliki sangat bagus dikarenakan telah melahirkan lima perdana menteri Kanada.

9. University of California, Los Angeles (UCLA)

Kampus ini merupakan rumah fakultas dari jurusan ternama dan puluhan acara akademik diajarkan disini. 5.000 mata kuliah diajarkan setiap tahunnya dalam berbagai jurusan, uniknya setiap kelas cuma memuat kurang dari 30 mahasiswa. Dengan begitu setiap siswa mampu lebih konsentrasi untuk mencar ilmu.

Bagi mahasiswa gres, mesti melewati periode permulaan selama satu tahun disebut Cluster Course dimana akan ditantang mencar ilmu aneka macam topik dari banyak ilmu. UCLA juga mempunyai jurusan yang terbaik ialah sastra, ilmu sosial dan STEM (science, technology, engineering and math). Jika berhasil masuk di UCLA, kau juga memiliki peluang untuk mengikuti program pertukaran pelajar.

10. Columbia University

Image: Gs.columbia.edu

Universitas di Amerika ini diresmikan tahun 1754 dan menjadi universitas tertua di New York dan Amerika. Low Memorial Library menjadi salah satu akomodasi kampus ini yang sangat terkenal, dibangun dengan gaya Romawi klasik. Kampusnya berada di jantung kota New York dan mempunyai dua kemudahan terkemuka.

Baca Juga :  Ini Dia 5 Universitas Terbaik di Turki

Pertama yaitu Nevis Laboratorium untuk meriset energi eksperimental particle dan nuklir. Kedua yaitu Lamont-Doherty Earth Observatory yang ada di Palisades New York. Universitas ini telah menjadi kawasan berguru presiden Amerika Theodore dan Franklin Roosevelt. Jurusan yang mempesona disini yaitu kedokteran, seni dan sastra, pendidikan dan science.

11. UCL

UCL berada di Inggris yang berdiri sekitar tahun 1826 dan pada tahun 1878 universitas ini memberikan pendidikan setara antara perempuan dan wanita. Berada di jantung kota London, UCL ialah member dari Russel Group dengan 850 profesor dan lebih dari 6 ribu staff pengajar lainnya.

UCL memiliki 11 fakultas dan yang paling terkenal ialah psikologi, pendidikan Eropa, kedokteran dan seni sastra.

12. ETH Zurich

Universitas terbaik di dunia ini berasal dari negara Switzerland yang bangkit sekitar tahun 1855 selaku sekolah politeknik milik pemerintah. Namun sehabis satu setengah abad lamanya ETH Zurich menjadi sekolah terbaik di dunia dalam bidang science dan teknologi. Jurusan yang populer dari ETH Zurich ialah ilmu komputer, teknik, ilmu teknologi dan ekonomi bisnis.

13. University of California, Berkeley

Berada di 13 urutan universitas terbaik di dunia dan menjadi perguruan tinggi tinggi terbaik di Amerika Serikat. Termasuk dalam metode universitas California yang dibangun tahun 1868. Visi yang dimiliki oleh universitas ini ialah ‘’contribute even more than California’s gold to the glory and happiness of advancing generations’’.

Lokasi universitas berada di area pelabuhan San Fransisco yang menjadi rumah bagi 27 ribu mahasiswa S1 dan 10 ribu mahasiswa pasca sarjana. Jurusan hukum dan pendidikan di universitas ini mempunyai rangking ke 5 di seluruh dunia. Jurusan lain yang cukup menarik perhatian adalah seni dan sastra, kedokteran dan teknik.

14. John Hopkins University

JHU ialah universitas yang sudah bangkit semenjak tahun 1876 selaku universitas swasta yang berada di Baltimore, Maryland. Nama universitas ini berasal dari nama pendirinya seorang pengusaha dermawan asal Amerika John Hopkins. Motto dari universitas ialah ‘’Knowledge for the world’’.

Tak usah disangsikan lagi jika kamu ingin mempelajari kedokteran maka universitas ini ialah pilihannya. Selain kedokteran jurusan lain yang cukup dibanggakan adalah ilmu science.

Baca juga : 10 Universitas Terbaik Di Turki, Mana Pilihanmu?

15. University of Pennsylvania

Universitas ini telah berdiri semenjak sebelum Amerika merdeka, disamping itu juga menjadi salah satu Colonial Collage pada waktu itu. Kaprikornus tidak aneh universitas yang kerap disebut dengan Penn ini menjadi salah satu member dari Association of American Universities.

Didirikan tahun 1740 dan mulai terkenal dikala Benjamin Franklin mempublikasikan esai terkenalnya di tahun 1749. Mulai dari situ Penn meningkat sampai dikala ini dan menjadi universitas terbaik di dunia. Jurusan yang dibanggakan yakni psikologi, pendidikan dan ekonomi bisnis.

16. Imperial College London

Universitas ini ialah sebuah institusi yang berbasis science dan berada di pusat kita selaku institusi termaju di Inggris. Sekitar 15 ribu mahasiswa dan 8 ribu staf belajar dan melakukan pekerjaan disini. Fokus pelajaran yang diutamakan ialah science, teknik, farmasi dan bisnis.

Universitas ini mampu bangkit dan meningkat berkat visi dari Pangeran Albert yang ingin membuat kota South Kensington London menjadi sentra pendidikan. Motto dari universitas yaitu Scientia imperii decus et tutamen yang artinya wawasan scientific yaitu kejayaan dan keselamatan kerajaan.

17. University of Chicago

Universitas ini ialah bentuk dari suatu daerah riset yang membuka fatwa baru sejak tahun 1890. Tujuan dari Chicago yakni untuk memperluas pengetahuan dan memperkaya kehidupan manusia dengannya. Bagi mahasiswa S1 dapat membuatkan fatwa kritis, analitis dan kemampuan menulis yang baik.

Sedangkan mahasiswa pasca sarjana mampu berbagi kesanggupan melalui riset di banyak sekali bidang yang disenangi.

18. Yale University

Merupakan salah satu universitas swasta yang tergolong dalam Ivy League yang tertua ketiga di Amerika Serikat. Berdiri sejak tahun 1701 dan menjadi universitas pertama yang menunjukkan gelar PhD di tahun 1861.

Baca Juga :  Jadwal Ujian YÖS Universitas Sakarya 2020

Kampus terutama berada di New Haven dengan luas 260 hektar termasuk bangunan yang diresmikan pada abad ke 18.

Sekitar setengah jumlah mahasiswanya berasal dari negara lain. Jurusan yang mempunyai peringkat tertinggi yaitu aturan, science, psikologi, seni dan sastra.

19. Harvard University

Siapa yang tak mengenal Harvard? Universitas tertua yang bangun semenjak tahun 1636 ini sudah menjadi universitas terbaik di dunia. Namanya juga berasal dari pendirinya yakni John Harvard yang juga meninggalkan perpustakaan serta setengah dari propertinya sehabis meninggal tahun 1638.

Termasuk sebagai Ivy League dan sekolah swasta dengan puluhan alumni peraih Nobel. Bidang yang dibanggakan ialah pendidikan, ilmu sosial, biology, kedokteran, seni dan sastra serta masih banyak lagi.

20. Princeton University

Menjadi peringkat keenam terbaik di dunia, bangkit di tahun 1746 yang berada di New Jersey Amerika. Juga tergolong salah satu Ivy League yang menawarkan asrama dan akomodasi bagi semua mahasiswanya. Hampir 98 persen mahasiswanya mempergunakan akomodasi ini.

Jumlah mahasiswanya tak banyak sekitar 10 ribu namun justru menciptakan kehidupan kampus menjadi lebih hidup. Bidang ilmu yang paling banyak dipilih yaitu psikologi, science, sastra dan seni.

21. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

MIT merupakan universitas swasta yang berada di kota Cambridge, Massachusetts. Berdiri di tahun 1861, MIT menjunjung tinggi pengetahuan yang maju untuk menyiapkan mahasiswa di banyak sekali bidang mirip science dan teknologi, Semua bidang dipilih untuk memberikan bantuan besar bagi negara dan juga dunia.

Mottonya adalah Mens et Manus yang artinya adalah fikiran dan tangan. Penelitian yang terkenal dan ketika ini sedang berlangsung adalah digital learning, energi berkelanjutan, Big Data, dan kesehatan insan.

22. Stanford University

daftar universitas terbaik di dunia

Image: Pastelbooks.id

Berada di jantung kota Silicon Valley, merupakan universitas negeri yang diresmikan tahun 1885 oleh Jane dan Leland Stanford. Sejak dibuka tahun 1891 fokus mahasiswa kebanyakan mempelajari tentang kesehatan umat insan di dunia lewat observasi.

Universitas ini ialah yang pertama kali berhasil menerapkan ilmu transplantasi jantung dan paru-paru. Juga menjadi penemu mouse komputer dan pengembangan musik digital. Memiliki lebih dari 16.300 mahasiswa, dengan jurusan terbaik yakni psikologi, pendidikan, aturan, hingga seni dan sastra yang meraih peringkat satu sampai empat terbaik di dunia.

23. University of Cambridge

Berdiri di tahun 1209 dan menjadi universitas negeri terbaik. Memiliki 800 sejarah pendidikan dan menjadi universitas tertua keempat di dunia. Memiliki lebih dari 18 ribu mahasiswa dengan berbagai kebudayaan.

Kampus khususnya berlokasi di jantung kota Cambridge dengan banyak gedung bersejarah. Jurusan hukum, science, kedokteran hingga seni dan sastra masuk ke peringkat satu sampai lima terbaik di dunia.

24. California Institute of Technology

Menjadi peringkat kedua terbaik di dunia, populer dengan ilmu science dan teknik sehingga pendidikan. Dimana mahasiswa dalam mencari balasan dari banyak pertanyaan komplek di berbagai bidang.

Menemukan pengetahuan baru, mengunggulkan penemuan dan transformasi di abad depan adalah tujuan universitas ini didirikan. Teknik dan teknologi menjadi jurusan utama yang kemudian disusul oleh science.

25. University of Oxford

Universitas terbaik di dunia yang masuk ke peringkat paling atas. Merupakan universitas tertua di dunia dengan bahasa Inggris. Berada di kota Oxford dengan 100 perpustakaan yang menjadikannya perpustakaan terbanyak di Inggris. Sekitar 22 ribu mahasiswa kuliah disini dan 40 persennya adalah mahasiswa internasional.

Jurusan yang paling banyak diminati yaitu ilmu komputer, ekonomi bisnis, science, kedokteran dan teknik.