Desember 6, 2022

Apakah Perlu Agen Kuliah di Turki?

Apakah Perlu Agen Kuliah di Turki  – Semakin hari peminat kuliah di Turki meningkat dengan pesat. Banyak calon mahasiswa asal Indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan kesempatan kuliah di negeri dua benua tersebut. Mulai dari jalur beasiswa atau pun jalur mandiri. Ketatnya persaingan melalui jalur beasiswa tidak menyurutkan niat para calon mahasiswa untuk tetap kuliah di Turki. Caranya yaitu dengan jalur mandiri atau mengeluarkan biaya sendiri.

Seiring meningkatnya peminat kuliah di Turki, maka setiap tahun semakin banyak agen-agen kuliah di Turki. Padahal beberapa tahun lalu hanya ada beberapa, namun sekarang mungkin sudah belasan atau puluhan agen kuliah di Turki. Lembaga-lembaga yang tadinya merupakan agen kuliah di Timur Tengah, kuliah di Jerman, kuliah di Arab pun semua terjun mengambil kesempatan untuk menjadi agen kuliah di Turki. Bahkan sampai mahasiswa-mahasiswa yang sedang kuliah di Turki pun membuka jasa agen kuliah di Turki.

Baca Juga : 6 Persiapan Penting Sebelum Kuliah di Turki

Lalu muncul pertanyaan, apakah untuk kuliah di Turki harus menggunakan agen? Apakah mungkin kita kuliah di Turki tanpa agen? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

1. Kemampuan Bahasa Turki

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa Turki minimal level B1 atau B2, kamu bisa mencari informasi tentang pendaftaran kuliah di Turki sendiri tanpa bantuan agen. Kenapa? Karena hampir semua informasi yang diberikan oleh universitas dan instans terkait dengan bahasa Turki. Apakah bisa dengan bahasa Inggris? Pengalaman kami lebih mudah dengan bahasa Turki. Menu dengan bahasa Inggris terkadang kurang update. Untuk berkomunikasi dengan pihak universitas juga baiknya dengan bahasa Turki, walau pun tidak menutup kemungkinan untuk berkomunikasi dengan bahasa Inggris.

Baca Juga :  Mulai 1 Juta/Semester! Biaya Kuliah di Universitas Sakarya 2020

Baca juga : 3 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Turki

Namun jika kamu tidak bisa bahasa Turki sama sekali, ada baiknya kamu perlu bantuan agen. Karena dalam proses pendaftaran universitas, semua persyaratan harus bisa kamu penuhi dengan baik. Nah, agen akan membantu kamu mendaftar di universitas dengan prosedur dan juga ketentuan yang berlaku.

2. Tempat Tinggal

Jika kamu tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, kamu punya kesempatan untuk mengurus dokumen-dokumen kamu sendiri di instansi terkait. Walau pun agak ribet, tapi ini adalah prosedur yang harus dilalui. Misalnya kamu harus legalisir dokumen di Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Turki dan lain sebagainya. Yang mana semua instansi tersebut terletak di Jakarta. Jadi kamu harus siap bolak-balik misalnya ada persyaratan yang kurang.

Namun, kalau kamu tinggal jauh dari Jakarta, ada baiknya kamu menggunakan jasa agen, sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengurus legalisir dokumen sendiri. Kamu tinggal menyerahkan dokumen dan terima beres. Hal ini sangat menguntungkan karena kamu bisa memfokuskan waktu, tenaga dan pikiran kamu untuk mempersiapkan diri kuliah di negara yang jauh dari Indonesia.

3. Relasi di Turki

Jika kamu punya relasi di Turki, misalnya kakak kelas, teman, atau saudara yang bisa membantu kamu untuk mendaftar kuliah di Turki, maka bisa jadi kamu tidak perlu jasa agen. Pendaftaran kuliah di Turki sangat berkaitan erat dengan bantuan pihak Turki. Maka biasanya setiap agen punya tim yang berada di Turki, yang memiliki tugas-tugas tertentu untuk memastikan proses pendaftaran bisa berjalan dengan baik.

Namun jika kamu tidak punya siapa-siapa di Turki untuk membantu kamu, kehadiran agen bisa sangat membantu. Karena kamu akan mendapatkan pendampingan mulai dari penjemputan di bandara, pengantaran ke kota tujuan, pengenalan kota, bahkan sampai pengantaran proses daftar ulang di universitas. Dengan hal ini, kamu dan orang tua bisa merasa aman dan nyaman.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Inilah Syarat Kuliah di Turki

4. Informasi Proses Pendaftaran Universitas

Jika kamu sudah mengetahui proses pendaftaran universitas mulai dari A sampai Z, kamu boleh saja tidak menggunakan jasa agen. Namun jika kamu masih awam dalam hal informasi kuliah di Turki, lebih baik kamu menggunakan jasa agen. Setiap langkah yang dilalui untuk kuliah di Turki itu sangat penting. Tidak boleh kurang apalagi salah. Ada banyak sekali kasus mahasiswa nekat terjun bebas, pada akhirnya mengalami masalah di tengah jalan karena kurangnya informasi.

Kesimpulannya adalah bisa saja kuliah di Turki tanpa agen. Namun kehadiran agen adalah untuk membantu dan mempermudah kamu agar bisa kuliah dengan baik, aman dan nyaman. Kamu sendiri bagaimana? Apakah kamu perlu jasa agen kuliah di Turki?

2 thoughts on “Apakah Perlu Agen Kuliah di Turki?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *