Desember 6, 2022

4 Rukun Puasa Yang Wajib Kamu Ketahui

Puasa adalah salah satu rukun Islam yang harus kita jalankan. Maka dari itu, bagi seorang muslim, kita harus mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan puasa. Diantara yang wajib kita ketahui adalah rukun-rukun puasa.

Rukun artinya hal yang terdapat dalam suatu ibadah, yang mana jika ini tidak kita jalankan maka ibadah tersebut hukumnya tidak sah. Maka jika saat berpuasa kita meninggalkan salah satu rukun tersebut, puasa kita hukumnya tidak sah dan harus meng-qadha-nya.

Berikut ini rukun-rukun puasa yang wajib kita ketahui :

1. Niat.

Kita harus niat puasa sebelum terbit fajar dan setiap hari ketika kita akan berpuasa. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :

“Barang siapa yang tidak berniat puasa pada malam hari sebelum terbir fajar, maka tidak ada puasa untuknya (tidak sah puasanya).” (HR. Daruquthni: 2/172, Ia berkata, “Para perawi-perawinya tsiqah (terpercaya), Baihaqi: 4/202)

2. Menahan diri dari maka dan minum.

3. Menahan diri dari hubungan badan.

Sebagaimana firman Allah ta’ala :

“Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sepurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri’tikaf dalam masjid.” (QS. Al Baqarah : 187)

Makna ayat : “Benang putih” adalah cahaya siang, “benang hitam” adalah kegelapan malam. “Fajar” adalah cahaya yang nampak membentang di ufuk, dengan datangnya fajar maka malam telah berakhir dan subuh telah tiba. “Mencampuri” artinya melakukan hubungan badan dengan suami/istri. Sementara “I’tikaf” artinya berdiam diri di masjid.

4. Menahan diri dari muntah dengan sengaja.

Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yang diriwayatkan oleh Abu Dawud (2380) dan Tirmidzi (720) :

Baca Juga :  5 Kawasan Wisata Islami Bersejarah Di Istanbul Turki

“Barang siapa yang muntah karena tidak sanggup menahannya, maka tidak wajib qadha (puasa). Tapi barang siapa yang muntah dengan sengaja, maka dia harus meng-qadha.”

Demikianlah rukun-rukun puasa yang harus kita perhatikan saat kita menjalakan ibadah puasa. Semoga bermanfaat.

Baca juga : 4 Cara Daftar Kuliah di Turki. Nomor 4 Dijamin Lolos!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *