Desember 6, 2022

4 Cara Daftar Kuliah di Turki. Nomor 4 Dijamin Lolos!

Cara daftar Kuliah di Turki – Akhir-akhir ini, peminat kuliah di Turki meningkat sangat pesat. Selain karena kualitas pendidikannya yang bagus, kuliah di Turki terbilang cukup murah dan terjangkau. Maka dari itu, bukan hanya calon mahasiswa dari Indonesia saja yang ingin kuliah di Turki, namun juga calon mahasiswa dari berbagai negara. Terutama. Azarbaijan, Kazakistan, Ozbekistan, Yunani, Jerman, Rusia dan Suriah.

Namun demikian yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara mendaftar kuliah di Turki. Dalam artikel singkat ini kita akan membahas beberapa cara untuk daftar kuliah di Turki.

Beasiswa Kuliah di Turki

Cara yang paling populer di kalangan calon mahasiswa untuk kuliah di Turki adalah dengan beasiswa. Salah satu programnya adalah program Turkiye Scholarships. Program beasiswa ini memberikan kesempatan yang sangat baik untuk mereka yang ingin mendapatkan beasiswa penuh untuk kuliah di Turki.

Enaknya program ini adalah, mahasiswa tidak perlu mendaftar kedua kalinya ke universitas, jadi ketika mendaftar online sudah disediakan yang namanya form untuk universitas yang menjadi tujuan.

Beasiswa tersebut meliputi

  • Beasiswa penuh (seluruh biaya pendidikan hingga lulus).
  • Uang saku per bulan: 700 Lira untuk program S1, 950 Lira untuk program S2 1.400 Lira untuk program S3.
  • Tunjangan empat tinggal dan akomodasi
  • Asuransi kesehatan.
  • Biaya perjalanan pergi pulang Indonesia-Turki.
  • Kursus Bahasa Turki di tahun pertama sebelum mulai kuliah.
  • Penerima beasiswa mendapatkan banyak sekali kesempatan untuk mengikuti seminar dan pelatihan dalam bidang sosial, kebudayaan, teknologi, olahraga dan juga berbagai bidang menarik lainnya.
Baca Juga :  5 Universitas Untuk Kuliah di Turki Jalur Berkas

Namun demikian untuk beasiswa ini yang perlu kamu tahu adalah peluang yang tidak terlalu besar. Karena jumlah peserta yang lolos biasanya tidak sampai 100 orang, padahal yang daftar belasan bahkan puluhan ribu orang.

Oleh sebab itu persaingan sangat ketat. Dan juga pendaftarnya bukan hanya dari Indonesia saja, tapi dari seluruh dunia. Maka bisa dikatakan peluangnya sangatlah kecil.

Baca juga : 9 Jurusan Terfavorit di Turki. Yang Mana Pilihanmu?

Daftar Kuliah di Turki Via Beasiswa Pemerintah

Adapun untuk jalur ini, kamu bisa mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Indonesia seperti LPDP dan juga program lainnya. Beasiswa ini justru memiliki peluang yang lebih besar daripada beasiswa yang berasal dari negeri Turki itu sendiri.

Jika kamu mendapatkan beasiswa ini, maka semua kebutuhan kamu selama masa kuliah akan ditanggung pemerintah, mulai dari tiket pesawat, biaya kuliah sampai uang saku. Adapun untuk persyaratannya kamu bisa cek di lembaga pemerintah yang memberikan beasiswa tersebut.

Daftar Kuliah di Turki Via Berkas

Cara mendaftar kuliah di Turki yang lain adalah dengan jalur berkas. Jalur berkas itu sama artinya jalur mandiri. Kamu mengurus sendiri dari A-Z dengan biaya sendiri.

Biasanya yang perlu dipersiapkan adalah berkas-berkas yang dibutuhkan. Rata-rata universitas diatas membutuhkan ijazah atau surat keterangan lulus yang telah diterjemahkan. Selain itu kamu juga harus melampirkan transkrip nilai SMA kamu.

Nilai yang kamu miliki kemudian berkompetisi dengan para pendaftar yang lain. Jika nilai yang kamu punya masuk ke dalam nilai minimal yang mereka syaratkan, maka kamu bisa mendapatkan kursi di universitas.

Standar nilai yang akan ditetapkan bergantung pada fakultas yang kamu ambil. Misalnya untuk bisa masuk ke fakultas kedokteran, kamu harus memiliki nilai rata-rata minimal 90.

Baca Juga :  Tips Memilih Agen Kuliah di Turki

Namun cara yang ke-3 ini jauh lebih sulit daripada cara nomor 1 dan 2, karena banyak sekali proses dan persyaratan yang harus kamu lalui. Misalnya legalisir dokumen di berbagai instansi pemerintah di Indonesia dan di Turki. Akan sangat memakan waktu, tenaga dan biaya jika kamu mengerjakan semuanya sendiri. Belum lagi pengurusan berbagai hal di Turki. Jika kamu belum bisa bahasa Turki, kamu akan sangat kesulitan dalam berkomunikasi dalam hal mengurus administrasi. Pasalnya, masyarakat Turki jarang yang bisa berbahasa Inggris.

Daftar Kuliah di Turki Via Agen

Adapun cara mendaftar kuliah di Turki yang terakhir adalah dengan menggunakan jasa agen. Ini adalah cara yang paling favorit dan banyak menjadi solusi bagi calon mahasiswa Indonesia. Agen seperti layaknya biro travel, yang akan mengurus semua administrasi, berkas, hingga keberangkan.

Agen kuliah ini juga akan mempersiapkan kemampuan kamu seperti bahasa Turki dasar, pengetahuan seputar kehidupan dan perkuliahan di Turki, bahkan sampai menyediakan asrama di Turki. Sehingga tidak perlu khawatir.

Apakah setiap calon mahasiswa akan lolos melalui agen? Jawabannya 99%. Karena alur untuk bisa mendaftar kuliah di Turki cukup rumit. Jika adalah kesalahan atau kelalaian sedikit saja bisa gagal.

Salah satu Agen Kuliah di Turki adalah Fatih Gazi Education. Tim dari Fatih Gazi Education sangat berpengalaman dan telah memberangkatkan puluhan siswa untuk kuliah di Turki.

Demikian beberapa cara daftar kuliah di Turki. Ada baiknya kamu diskusikan dengan orang tua kamu, jalur mana yang akan kamu tempuh untuk mewujudkan cita-citamu kuliah di Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *