Desember 6, 2022

Mau Kuliah di Turki? Kamu Wajib Siapkan Ini!

Turki saat ini menjadi salah satu negara tujuan kuliah favorit calon mahasiswa di Indonesia. Peminat untuk kuliah di di negara dua benua ini semakin hari semakin bertambah. Bukan hanya lewat beasiswa Türkiye Bursları, namun para calon mahasiswa juga banyak yang kuliah jalur mandiri. Buat kamu yang ingin kuliah di Turki, ada beberapa persiapan sebelum yang harus kamu perhatikan.

Nilai Akademik


Yang paling penting untuk kuliah di Turki adalah nilai akademik kamu. Karena yang menjadi pertimbangan universitas di Turki untuk menerima mahasiswa asing adalah nilai akademiknya. Nilai akademik ini terbagi menjadi beberapa macam, yaitu nilai YÖS (Yabancı Uyruklu Öğrenci Sınavı), SAT, dan Nilai UN. Kamu bisa memilih salah satu dari tiga jenis nilai itu untuk masuk universitas di Turki.

Bedanya apa? Untuk universitas yang memiliki rating tinggi biasanya mensyaratkan nilai SAT sebagai jalur masuk. Misalnya Hacettepe University, Orta Doğu Teknik University, Istanbul Teknik University dan lain sebagainya. Biasanya universitas yang mensyaratkan nilai SAT menggunakan pengantar bahasa Inggris. Karena ujian SAT juga berisi soal matematika dan bahasa Inggris. Di Indonesia sendiri ujian SAT diselenggarakan di beberapa kota dan beberapa kali dalam setahun. Kamu bisa cek di google ya.

Adapun ujian YÖS, inilah jalur yang paling banyak digunakan universitas di Turki untuk menerima mahasiswa baru. Bahkan mulai banyak universitas Turki yang mengadakan ujian YÖS di Indonesia. Misalnya Istanbul University, Suleyman Demirel University, Uludağ University, Yıldız Teknik University, Gaziantep University, Akdeniz University, Sakarya University, dan Atatürk University.

Terakhir adalah nilai UN. Ini adalah cara yang paling mudah karena kamu gak harus ujian apa-apa lagi. Namun biasanya universitas yang menerima dengan nilai UN atau ijazah peringkatnya menengah ke bawah. Tapi jangan khawatir, kualitas pendidikannya juga tetap bagus dan pengalaman internasional yang akan kamu dapatkan juga tidak kalah dengan universitas lainnya. Diantara universitas yang menerima mahasiswa dengan jalur berkas adalah Çanakkale On Sekiz Mart University, Kırklareli University, Bandırma On Yedi Eylül University, Siirt University, Trakya University, dan Amasya University.

Baca Juga :  3 Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Turki

Dokumen


Hal berikutnya yang harus kamu persiapkan untuk kuliah di negara seribu masjid ini adalah kelengkapan dokumen. Seperti paspor, ijazah, transkrip nilai, SKHUN, pas photo, KTP, KK, dan lain sebagainya. Jangan sampai ada yang kurang ya. Agar proses kamu untuk kuliah di Turki tidak akan terhambat hanya gara-gara ada dokumen yang kurang.

Baca : Dokumen Yang Diperlukan Untuk Membuat Visa Studi Turki

Biaya Untuk Kuliah di Turki


Karena kamu kuliah di jalur mandiri kamu pasti perlu biaya. Yang pasti adalah biaya tiket pesawat, pengurusan visa studi, biaya asrama, biaya kuliah, dan biaya hidup selama di Turki. Untuk biaya hidup di Turki saat ini sekitar 3 – 6 juta rupiah per bulan, tergantung gaya hidup. Untuk biaya kuliah, tergantung kamu kuliah di universitas mana dan jurusan apa. Tapi rata-rata biaya kuliah di Turki sekitar 1 – 6 juta rupiah per semester.

Demikian hal-hal yang wajib kamu siapkan untuk kuliah di Turki. Semoga bermanfaat.

3 thoughts on “Mau Kuliah di Turki? Kamu Wajib Siapkan Ini!

  1. Assalaamu ‘alaikum wr wb.. Saya memiliki anak, udh apply ytb. Tp sy jg ingin dia daftar mandiri. Bagaimana cara daftar Mandiri? Mohon info nya. Terima kasih..

    1. Wa’alaikum salam. Bisa ikut ujian YOS di Jakarta ibu. Ada beberapa Universitas yang buka pendaftaran, diantaranya Istanbul University, Sakarya University, Suleyman Demirel University dan Balikesir University. Setelah ikut ujian YOS, pilih jurusan, jika dinyatakan lulus akan mendapatkan LoA, lalu apply visa dan berangkat ke Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *