Desember 6, 2022
Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Turki Tahun 2021

Biaya Hidup dan Biaya Kuliah di Turki Tahun 2021

Biaya kuliah di Turki – Bingung memilih antara pesona Eropa dan daya tarik Asia? Anda tidak perlu khawatir! Turki benar-benar adalah yang terbaik dari kedua dunia berkat perpaduan sosial dan budaya yang akan mewarnai kehidupan siswa internasional mana pun.

Tidak heran jika mahasiswa asing memutuskan untuk belajar di Turki. Banyak universitas yang terdaftar dalam peringkat akademis dunia, dan biaya kuliah serta biaya hidup secara keseluruhan sangat terjangkau. Tapi seberapa terjangkau?

Ayo cari tahu!

1. Biaya kuliah universitas di Turki

Biaya kuliah di universitas negeri

Di Turki, universitas negeri sangat terjangkau, terutama dibandingkan dengan institusi serupa di Eropa atau Amerika Serikat. Siswa internasional biasanya membayar antara 100 dan 4,000 EUR per tahun akademik. Disiplin ilmu seperti Kedokteran atau Teknik bisa lebih mahal.

Biaya kuliah di universitas swasta

Tidak ada kejutan di sini: universitas swasta Turki lebih mahal daripada universitas negeri. Anda masih dapat menemukan kursus akademis dengan biaya kuliah yang wajar, tetapi ada juga gelar yang harganya lebih dari 20.000 EUR per tahun.

Baik universitas negeri maupun swasta di Turki dapat memutuskan apakah mereka menawarkan biaya kuliah yang lebih rendah kepada siswa internasional dari Uni Eropa (UE) atau Area Ekonomi Eropa (EEA). Inilah sebabnya mengapa memeriksa situs web resmi universitas adalah cara terbaik untuk mengetahui berapa banyak yang perlu Anda bayarkan.

Baca Juga :  Paling Lengkap! Jurusan di Ankara University, Turki

Ini hanyalah beberapa contoh. Anda dapat menemukan universitas dan program studi terjangkau lainnya di Turki.

Biaya kuliah di universitas peringkat teratas

  • Universitas Cankaya – 5,410 EUR / tahun untuk Sarjana; variabel (jumlah kredit) untuk Master
  • Universitas Koç – mulai dari 16,390 EUR / tahun untuk Sarjana; 0 EUR / tahun untuk Magister dan PhD
  • Universitas Hacettepe – antara 520 dan 5,240 EUR / tahun
  • Universitas Sabancı – 15,325 EUR untuk Sarjana; antara 6.200–14.550 EUR untuk Master
  • Universitas Bilkent – 11,400 EUR / tahun

2. Biaya hidup mahasiswa di Turki

Sebagai siswa internasional, Anda dapat tinggal di Turki dengan anggaran 400–650 EUR per bulan. Ini jauh lebih terjangkau jika dibandingkan dengan tujuan studi lain di dunia. Biaya hidup rata-rata Anda akan naik atau turun tergantung gaya hidup dan kebiasaan belanja Anda.

Di Turki, mata uang nasionalnya adalah lira Turki; 1 EUR sama dengan sekitar 9 lira Turki saat ini.

3. Biaya akomodasi siswa

Saat belajar di Turki, Anda dapat memilih dari berbagai jenis akomodasi. Beberapa lebih ramah anggaran, yang lain memberikan kenyamanan dan kemudahan tambahan. Pada akhirnya, terserah Anda untuk memutuskan mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Berikut ini adalah pilihan akomodasi paling populer bagi siswa di Turki:

  • Asrama universitas: biayanya bervariasi tergantung pada universitas dan fasilitasnya
  • Biaya asrama pemerintah: 24-38 EUR per bulan
  • Asrama swasta: dilengkapi dengan fasilitas yang jauh lebih baik tetapi juga biaya yang lebih tinggi
  • menyewa sebuah flat: 68–283 EUR / bulan tergantung pada lokasi dan ukuran apartemen

Jika Anda memutuskan bahwa menyewa flat adalah pilihan terbaik, jangan lupa utilitas tambahan, yang akan menambah 50–75 EUR untuk biaya hidup bulanan Anda.

Baca Juga :  Profil dan Biaya Kuliah di Canakkale Onsekiz Mart University

4. Biaya makanan di Turki

Mahasiswa dapat memanfaatkan kafetaria universitas, yang menyajikan 2 atau 3 makanan yang sangat terjangkau setiap hari. Harga makanan ini sekitar 0,30–1,15 EUR. Tentu saja, ada restoran, kantin, atau kafe lain di sekitar universitas jika Anda ingin mencoba hidangan lain.

Anggaran bulanan untuk makanan dan bahan makanan sangat bergantung pada gaya hidup Anda. Anda pada akhirnya akan menghabiskan lebih banyak jika Anda menikmati makan di luar atau memesan makanan beberapa kali dalam seminggu. Kebalikannya adalah benar jika Anda menikmati memasak dan memperhatikan diskon di supermarket.

5. Biaya transportasi

Tiket transportasi bulanan (untuk bus, metro) sekitar 27 EUR. Ini akan berguna bagi siswa yang perlu bepergian setiap hari atau sekadar menikmati menjelajahi daerah sekitarnya dan mengenal kota dengan baik. Jika tidak, untuk perjalanan tunggal, Anda akan membayar:

  • Taksi: 2,85 EUR untuk perjalanan 5 km
  • Bus / metro: EUR 0,20–0,40 per tiket

6. Biaya tambahan di Turki

Buku dan bahan pelajaran lainnya: 80 EUR
Tagihan telepon bulanan: 6,50–11,50 EUR
Hiburan (bioskop, konser, teater): 10–15 EUR per bulan
Asuransi kesehatan swasta: 34–57 EUR per tahun

7. Beasiswa dan hibah universitas

Di Turki, siswa internasional dapat mengajukan berbagai macam beasiswa dan hibah. Bentuk dukungan finansial ini ditawarkan oleh berbagai institusi, seperti:

  • Pemerintah
  • Universitas dan institusi pendidikan
  • Organisasi internasional

Kriteria lamaran berbeda dari satu beasiswa ke beasiswa lainnya, dan hal yang sama berlaku untuk jumlah yang Anda terima. Anda dapat mulai dengan melihat Beasiswa Türkiye, tetapi jangan puas karena ada banyak beasiswa lain yang tersedia di Turki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *