Desember 6, 2022
kuliah di turki

Contoh Soal YOS Universitas Istanbul

Ujian YÖS adalah ujian seleksi masuk tertulis untuk masuk universitas di Turki. Salah satu universitas yang mengadakan ujian YÖS di Indonesia adalah Universitas Istanbul. Ujian ini berisi soal-soal matematika dan IQ. Soal merupakan pilihan ganda dan disajikan dalam berbagai bahasa, seperti bahasa Inggris, Arab, Turki, Jerman, Prancis dan Rusia. Tidak ada soal cerita di dalamnya. Waktu ujian adalah 135 menit. Berikut contoh soal YOS Universitas Istanbul Turki tahun sebelumnya.

Soal Ujian YOS Universitas Istanbul Tahun 2019

Kunci Jawaban Ujian YOS Universitas Istanbul Tahun 2019

Soal Ujian YOS Universitas Istanbul Tahun 2018

Kunci Jawaban Ujian YOS Universitas Istanbul Tahun 2018

Soal Ujian YOS Universitas Istanbul Tahun 2017

Hampir semua universitas di Turki menyelenggarakan ujian YOS sebagai jalur penerimaan mahasiswa baru. Bahkan beberapa universitas mengadakan ujian YOS di Indonesia, seperti Universitas Istanbul, Universitas Uludag, Universitas Sakarya, Universitas Suleyman Demirel, Universitas Akdeniz, Universitas Gaziantep, Universitas Balikesir dan Universitas Yildiz Teknik.

Ada juga universitas yang tidak menyelenggarakan ujian YOS, namun menerima hasil ujian YOS dari universitas lain. Misalnya Universitas Bursa Teknik. Universitas ini menerima hasil ujian YOS Universitas Istanbul dan Universitas Uludag.

Demikian beberapa contoh soal YOS Universitas Istanbul. Disarankan untuk mempelajari dan juga latihan soal-soal serupa sebelum mengikuti ujian agar mendapatkan nilai maksimal. Semakin tinggi nilai yang kamu dapatkan, maka semakin besar kesempatan kamu untuk diterima di jurusan yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Tata Tertib Ujian YÖS Universitas Istanbul

22 thoughts on “Contoh Soal YOS Universitas Istanbul

    1. ujian YÖS semua universitas jenis ujiannya sama, Matematika dan IQ. Hanya soal saja berbeda. jadi kalau kamu lihat contoh ujian YÖS Istanbul, soal universitas lain mirip seperti itu

  1. assalamualaikum, saya ingin bertanya, apakah kalau untuk beasiwa ke turki tes-nya hanya YÖS saja?, apakah perlu yang namanya GMAT, GRE, YDF, DELF?

    1. Wa’alaikum salam. Jika ingin mendapatkan beasiswa Turki tidak perlu ikut ujian YÖS. Anda bisa daftar di Turkiye Burslari. Ujian YÖS adalah jalur masuk untuk mandiri. GMAT dan GRE diperlukan untuk mendaftar kuliah pascasarjana.

    1. Wa’alaikum salam. Istanbul University hanya menerima mahasiswa dengan ujian YOS. Hanya saja pada tahun 2020 lalu, karena Pandemi Covid-19, khusus calon mahasiswa dari negara Afrika dan Indonesia bisa mendaftar dengan seleksi berkas. Untuk tahun 2021 ini kita masih menunggu informasi dari universitas.

    1. Wa’alaikum salam kak. Info sampai saat ini masuk Istanbul University harus ikut ujian YOS. Tahun 2020 lalu bisa jalur berkas karena ujian YOS di Indonesia dibatalkan sebab Pandemi.

  2. Halo Kak sangat membantu sekali infonya, tapi ada beberapa yang ingin saya tau:
    – Kuliah sambil bekerja apakah legal disana? Lalu bagaimana peluangnya mendapatkan kerja part time disana?
    – Ujian YOS apa bisa dilaksanakan di Indonesia?
    – Istanbul Univ Cerrahpasa apakah satu manajemen dengan Istanbul Univ?
    – Alumni dan Mahasiswa Indo di Turkey apakah memiliki organisasi atau group sendiri Kak? Saya membaca sharingan mereka dan siapa tau bisa titip buku Metropol.

    1. Halo kak.
      1. Untuk mahasiswa asing S1 belum bisa bekerja secara resmi. Nanti saat S2 baru bisa bekerja secara resmi kak. Alternatifnya bisa part time atau freelance. Informasi lowongan kerja part time biasanya ada di komunitas mahasiswa kak.
      2. Ujian YOS Istanbul University tahun ini ada di Indonesia juga kak. Ujiannya tanggal 11 Juni 2022 di Jakarta. Informasi detailnya dimana akan menyusul.
      3. Iya, Istanbul Cerrahpasa merupakan salah satu cabang dari Istanbul University yang fokus pada ilmu sains dan teknik.
      4. Bisa coba hubungi PPI Turki kak. Mereka aktif di instagram.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *