Desember 6, 2022

Dokumen Yang Diperlukan Untuk Daftar Ulang di Universitas Istanbul

Jika kamu diterima di Universitas Istanbul, maka kamu akan mendapatkan Kabul Mektubu atau surat pernyataan bahwa kamu diterima sebagai mahasiswa di Universitas Istanbul. Surat ini yang biasa kita kenal dengan LoA (Letter of Acceptence). Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuat visa studi dan berangkat ke Turki.

Setelah sampai di Turki, kamu harus melakukan daftar ulang dalam rentang waktu yang telah ditentukan universitas. Daftar ulang harus dilakukan oleh kamu sendiri atau jika berhalangan, bisa diwakili oleh orang dengan membawa surat kuasa atau vekaletname. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang harus kamu bawa pada saat kamu daftar ulang di Universitas Istanbul.

  1. Ijazah asli atau surat penyataan lulus sementara (SKL) asli dan terjemah bahasa Turki yang telah dilegalisir notaris.
  2. Denklik Belgesi atau Surat Penyetaraan yang menyatakan bahwa kamu telah menyelesaikan pendidikan setingkat SMA di negara asal dan berhak melanjutkan pendidikan universitas di Turki. Jika surat ini belum siap pada jangka waktu pendaftaran ulang, kamu harus segera melakukan pendaftaran ijazah kamu di Kementerian Pendidikan Turki dan menyerahkan bukti pendaftaran tersebut ke universitas. Paling lambat 60 hari sejak tanggal daftar ulang, kamu harus menyerahkan Denklik Belgesi tersebut, jika tidak maka pendaftaran kamu akan dibatalkan.
  3. Transkrip nilai asli yang dilegalisir sekolah dan terjemah bahasa Turki yang telah dilegalisir notaris.
  4. Hasil ujian YÖS.
  5. Paspor asli dengan visa studi dan terjemah bahasa Turki yang telah dilegalisir notaris.
  6. 8 buah pas photo berukuran 4,5 x 6 cm. Foto diambil dalam waktu 6 bulan terakhir.
  7. Bukti pembayaran biaya kuliah.
  8. Surat penyataan kemampuan finansial.

Demikian dokumen yang diperlukan untuk daftar ulang di Universitas Istanbul. Begitu juga dengan universitas yang lain, dokumen yang diperlukan rata-rata sama. Ada baiknya kamu siapkan dari jauh-jauh hari sehingga pada tanggal yang ditentukan semua persyaratan sudah siap. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :  Biaya Kuliah Dan Hidup di Turki. Ternyata Semurah Ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *