Desember 6, 2022

Ayo Persiapkan Diri Untuk Beasiswa Turki 2021

Beasiswa Turki 2021 | Turki adalah salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik. Setiap tahun ada ribuan calon mahasiswa dari berbagai negara yang ingin kuliah di Turki. Bagi kamu yang ingin kuliah di Turki dengan jalur beasiswa, kamu bisa mendaftar di Turkiye Burslari. Beasiswa yang tersedia antara lain untuk program S1, S2 dan S3.

Tentang Beasiswa Turkiye Burslari

Beasiswa pemerintah Turki ini mencakup tunjangan sebesar 700 TL per bulan untuk mahasiswa S1, 950 TL  per bulan untuk mahasiswa S2, dan 1.400 TL  untuk mahasiswa S3. Selain tunjangan bulanan,  beasiswa ini juga akan menanggung tiket pesawat saat berangkat ke Turki dan saat pulang ke ke Indonesia jika kuliah sudah selesai, asuransi kesehatan, kursus bahasa Turki 1 tahun sebelum mulai kuliah dan tempat tinggal.

Baca Juga : Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Turki

Adapun durasi dari beasiswa ini tergantung dari program kuliah. Untuk program S1, durasi kuliah sekitar 4 sampai 6 tahun tergantung jurusan. Adapun jenjang S2 durasinya sekitar 2 tahun kuliah. Sementara untuk program S3, masa kuliah yang harus ditempuh adalah 4 tahun. Jika kamu mengambil jurusan dengan pengantar bahasa Turki, maka pada tahun pertama kamu harus mengikuti kursus bahasa Turki selama 1 tahun sebelum mulai kuliah.

Beasiswa Turki 2021

Hal yang menarik dari beasiswa Turki ini adalah kamu tidak perlu mendaftar ke Universitas satu-persatu. Dalam satu aplikasi ini kamu bisa mendaftar ke banyak universitas dan jurusan. Kamu bisa mendaftar sampai 12 universitas dan jurusan yang berbeda.  Jika kamu lolos beasiswa ini, pihak Turkiye Burslari akan menempatkan kamu di Universitas dan jurusan yang sesuai dengan aplikasi yang kamu ajukan.

Baca Juga :  Jadwal Ujian YOS Sakarya University Terbaru

Bahasa Pengantar Kuliah

Kebanyakan bahasa pengantar universitas di Turki adalah bahasa Turki. namun ada juga sebagian jurusan yang menggunakan bahasa Inggris, Arab dan Perancis. Jika kamu ingin mengambil jurusan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, maka kamu harus melampirkan sertifikat TOEFL atau IELTS. Selain itu, untuk  mendapatkan kesempatan yang lebih besar kamu perlu melampirkan nilai ujian internasional seperti SAT  program S1,  dan nilai GRE atau GMAT untuk program S2.

Seleksi dalam beasiswa turkiye burslari ada dua tahap. Tahap pertama adalah seleksi berkas. Panitia akan mempelajari data yang kamu kirim termasuk nilai akademik dan juga motivation letter yang kamu tulis. Jika kamu lolos pada tahap ini, kamu bisa ikut seleksi tahap selanjutnya, yaitu wawancara.

Persyaratan Beasiswa Turki Turkiye Burslari

  1. Bukan merupakan warga negara Turki.
  2. Bukan merupakan mahasiswa di Turki pada jenjang yang dilamar.
  3. Lulus SMA/Sederajat  atau masih kelas 12 SMA.
  4. Berusia maksimal 21 tahun untuk mendaftar program S1, untuk S2 maksimal 30 tahun dan untuk S3 maksimal 35 tahun.
  5. Minimum keberhasilan untuk pendaftar program S1 adalah 70%. untuk pendaftaran S2 dan S3 75%. Untuk mendaftar Jurusan Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Farmasi 90%.

Dokumen Untuk Mendaftar Beasiswa Turki Turkiye Burslari

  1. KTP atau Paspor.
  2. Pasphoto terbaru.
  3. Ijazah atau Surat Keterangan Lulus Sementara.
  4. Transkrip nilai.
  5. Nilai ujian internasional. (TOEFL, IELTS, SAT, GRE, GMAT, DELF). Tergantung dari persyaratan universitas.
  6. Proposal penelitian dan karya tulis untuk pelamar S3.

Pendaftaran

Pendaftaran beasiswa Turkiye Burslari bisa kamu lakukan secara online langsung di website Turkiye Burslari.  Kamu harus membuat akun terlebih dahulu dengan cara klik register. Isi formulir kemudian cek email kamu untuk melakukan aktivasi. Selanjutnya kamu bisa melakukan login dan melanjutkan aplikasi. Isi semua data dengan lengkap mulai dari data pribadi, keluarga, pendidikan, dan lain sebagainya. Scan semua dokumen yang menjadi persyaratan lalu upload di akun kamu. Perhatikan juga persyaratan yang harus kamu penuhi tergantung universitas dan jurusan. Pastikan tidak ada yang kurang agar kamu bisa berhasil lolos pada tahap pertama.

Website Turkiye Burslari : https://www.turkiyeburslari.gov.tr/

Baca Juga :  Jadwal Pendaftaran Universitas Anadolu 2020

Pendaftaran online biasanya dibuka sekitar bulan Januari sampai Februari setiap tahunnya. Untuk tanggalnya kamu bisa  cek secara berkala di website Turkiye Burslari. Bagi pendaftar yang lolos tahap seleksi berkas akan mendapatkan notifikasi email untuk mengikuti wawancara. Pengumuman hasil seleksi biasanya sekitar bulan Juli.

Demikian informasi tentang beasiswa Turki 2021. Selain berusaha dengan semaksimal mungkin,  jangan lupa untuk selalu berdoa dan  minta restu kedua orangtua. Semoga berhasil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *