Desember 6, 2022

Inilah Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Turki!

Turki adalah negara yang saat ini sedang hangat menjadi pembicaraan orang karena kemajuannya yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Negara yang berada di benua Eropa dan Asia dan memiliki peradaban Islam di masa silam ini memang telah bangkit kembali menjadi sebuah negara yang memiliki perekonomian kuat, berpengaruh, dan maju dalam berbagai sektor, termasuk sektor Pendidikan. Inilah sebabnya banyak orang dari berbagai penjuru dunia datang untuk kuliah di Turki.

Sistem Pendidikan Yang Unggul

Sebagian besar universitas di Turki menggunakan bahasa Turki sebagai bahasa pengantarnya. Walau pun ada juga beberapa universitas yang menggunakan bahasa Inggris. Walau pun dari segi politik Turki bukan termasuk negara yang tergabung dalam Uni Eropa, namun sejak tahun 2001, Turki telah menerapkan sistem Bologna Process. Sehingga kulitas dan sistem pendidikan di negara ini setara dengan negara-negara Eropa pada umumnya.

Hal ini dibuktikan dari semua perguruan tingginya yang menggunakan credit system yang sama dengan Universitas di Amerika Utara. Sedangkan untuk segi sistem pendidikannya sendiri, Turki menggunakan two-tier system, kecuali untuk beberapa jurusan seperti Ilmu kedokteran gigi, Ilmu kedokteran hewan, farmasi, dan obat-obatan.

Adapun kelebihan dari penerapan Bologna process ini adalah dalam hal pengakuan gelar, jaminan kualitas, kualifikasi kerangka kerja, dan sistem akreditasi terbaru yang di universalkan dengan European Union. Para pelajar juga dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke negara Eropa (Erasmus). Syaratnya yaitu harus lulus seleksi TOEFL dan nilai GPA. Bila lulus, pelajar di Turki bisa ke Jerman, Prancis, Belanda, Polandia, dan negara eropa lainnya sesuai kerjasama masing-masing universitas.

Baca Juga :  Biaya Kuliah Bursa Uludağ University Turki 2022 - 2023

Biaya Kuliah di Turki Terjangkau

Dengan sistem pendidikan yang unggul dan fasilitas yang lengkap, ternyata biaya kuliah di Turki sangat terjangkau. Misalnya di Universitas Sakarya, Universitas Bandırma On Yedi Eylül, Universitas Kırklareli, Universitas Siirt dan Lain sebagainya, biaya kuliah hanya sekitar 1 juta rupiah sampai 3 juta rupiah per semester. Selain itu di Turki tidak ada uang pangkal, saat melakukan daftar ulang, kamu langsung membayar biaya kuliah semester pertama.

Biaya Hidup Murah

Biaya hidup di Turki juga sangat murah jika dibandingkan dengan negara-negara Eropa pada umumnya. Jika kamu tinggal di kota besar seperti kota Istanbul, maka biaya hidup yang dibutuhkan sekitar 3 sampai 6 juta per bulan. Jika di kota lain, bahkan bisa hanya sekitar 2 – 4 juta rupiah per bulan. Biaya itu sudah termasuk tempat tinggal, makan, transportasi, internet, jajan dan lain sebagainya. Murah kan? Tidak jauh beda jika kamu hidup di kota besar di Indonesia seperti di Jabodetabek.

Pemandangan Alamnya Indah

Sudah bukan rahasia lagi, Turki adalah negara dengan pemandangan yang sangat indah. Maka dari itu jutaan wisatawan berkunjung ke Turki setiap tahunnya. Bayangkan kamu tinggal di negara yang indah ini selama empat atau lima tahun untuk kuliah. Pasti hampir semua tempat wisata di Turki bisa kamu jelajahi. Apalagi saat liburan musim panas, kamu bisa keliling Turki bersama teman-teman. Seru kan?

Demikian beberapa alasan kenapa kamu harus kuliah di Turki. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Biaya Kuliah di Universitas Sakarya 2020

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *