Desember 6, 2022
kuliah di turki jalur berkas

5 Universitas Untuk Kuliah di Turki Jalur Berkas

Salah satu kemudahan kuliah di Turki adalah dengan jalur berkas. Artinya kamu tidak perlu mengikuti ujian seleksi masuk universitas untuk bisa kuliah di Turki. Berkas yang digunakan untuk mendaftar universitas adalah ijazah dan transkrip nilai. Sampai saat ini ada banyak universitas di Turki yang menerima mahasiswa dengan nilai rata-rata ijazah SMA atau sederajat. 

Berikut ini adalah beberapa universitas yang menerima mahasiswa dengan nilai rata-rata ijazah.

1. Kırklareli University

Kırklareli University adalah salah satu universitas negeri yang terletak di kota  Kirklareli.  Kota ini terletak di sebelah barat kota Istanbul. jarak perjalanan darat dari kota Istanbul hanya sekitar 2 jam. Universitas yang mulai beroperasi pada tahun 2007 ini memiliki banyak sekali pilihan  fakultas dan jurusan. Mulai dari fakultas kedokteran, farmasi, sains, sastra, teknik, arsitektur dan ilahiyat. Universitas ini memiliki kapasitas yang sangat besar, setiap tahun menerima ratusan mahasiswa asing dari berbagai negara. Mahasiswa Indonesia juga banyak yang kuliah di universitas ini. Dan yang paling menarik adalah kamu bisa mendaftar ke  ke Kırklareli University hanya dengan nilai rata-rata ijazah tanpa harus mengikuti ujian. 

Baca Juga : Sistem Pendidikan di Turki Yang Wajib Kamu Ketahui

2. Bandırma On Yedi Eylul University

Universitas yang berdiri pada tahun 2015 ini terletak di kota Bandırma, Balıkesir.  Jarak antara kota ini dengan kota Istanbul adalah sekitar 4 jam. Walaupun masih terbilang baru, universitas yang memiliki slogan “Universitas Turki Generasi Baru” ini memiliki berbagai macam fakultas dan jurusan. Misalnya fakultas kelautan, fakultas ekonomi dan Ilmu manajemen, fakultas ilmu terapan dan fakultas ilmu kesehatan.  Kamu juga bisa mendaftar ke Universitas ini hanya dengan nilai rata-rata ijazah dan transkrip nilai SMA.

Baca Juga :  Jadwal Pendaftaran Nigde Omer Halisdemir University 2020

3. Bursa Teknik University

Universitas yang  terletak di kota Bursa  ini mulai aktif pada tahun 2010. Kebanyakan fakultas dan jurusan yang terdapat di Universitas ini adalah di bidang teknik.  misalnya Fakultas Teknik dan ilmu alam, Fakultas kehutanan, Fakultas desain dan arsitektur, Fakultas ilmu komunikasi dan fakultas Kelautan. Selain bisa mendaftar dengan nilai rata-rata ijazah, kamu juga bisa mendaftar ke Universitas dengan nilai SAT  atau nilai ujian YOS dari Universitas lain. Kamu hanya bisa memilih satu jurusan untuk mendaftar ke Bursa Teknik University.

Baca Juga : 6 Cara Kuliah Kedokteran di Turki

4. Sakarya University

Walaupun universitas menyelenggarakan ujian YÖS,  kamu tetap bisa mendaftar ke universitas ini dengan nilai rata-rata ijazah.  Hanya saja jika kamu mendaftar dengan nilai rata-rata ijazah, maka nilai kamu akan dikalikan 50%. Misalnya jika nilai rata-rata Ijazah kamu 90, ketika masuk ke sistem Sakarya University,  nilai kamu yang dipertimbangkan hanya 45. Selain itu kamu juga harus menulis motivation letter dalam bahasa Inggris atau bahasa Turki. Motivation letter berisi tentang alasan kamu kenapa ingin kuliah di Turki, kenapa Sakarya University,  kenapa kamu memilih jurusan yang kamu inginkan tersebut dan apa rencana kamu setelah lulus kuliah nanti. Artinya jika kamu mendaftar ke Sakarya University, kamu tidak bisa mengandalkan ijazah saja tetapi juga harus menulis motivation letter sebagus mungkin. 

Baca Juga : Contoh Soal Ujian YOS Universitas Istanbul

5. Bursa Uludağ University

Universitas yang terletak di kota Bursa ini berdiri pada tahun 1975. Sama halnya seperti Sakarya University, Bursa Uludağ University juga menyelenggarakan ujian YÖS sebagai persyaratan masuk Universitas. Namun jika masih ada kuota yang tersisa setelah pendaftaran dengan nilai ujian YOS,  Universitas ini menerima pendaftaran dengan nilai rata-rata ijazah. 

Baca Juga :  Program Pascasarjana Universitas Bandırma On Yedi Eylül

Adapun dokumen yang diperlukan untuk daftar kuliah di Turki melalui jalur berkas antara lain biodata lengkap, paspor, ijazah, transkrip nilai dan pas photo.

Demikian beberapa universitas di Turki yang menerima mahasiswa dengan jalur berkas atau nilai rata-rata ijazah. Namun jika kamu ingin mendapatkan peluang yang lebih besar untuk diterima di universitas favorit di Turki, ada baiknya kamu mengikuti ujian YÖS Atau ujian SAT. Karena rata-rata universitas favorit di Turki mensyaratkan nilai ujian tersebut. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *