Desember 6, 2022

7 Universitas Terbaik di Turki Jurusan Ilahiyat

Universitas Terbaik di Turki Jurusan Ilahiyat  – Hampir semua universitas di Turki baik negeri maupun swasta memiliki jurusan Ilahiyat. Fakultas Ilahiyat mulai aktif dan berkembang sekitar pada tahun 1949. Sampai saat ini jurusan Ilahiyat menjadi salah satu jurusan penting dan memiliki banyak peminat dari calon mahasiswa Turki bahkan calon mahasiswa dari luar Turki.

Apakah kamu tahu apa itu jurusan Ilahiyat? Ilahiyat adalah jurusan yang mempelajari tentang ilmu-ilmu agama Islam secara keseluruhan. Misalnya hadis, tafsir, sejarah Islam, hukum Islam, psikologi Islam, fikih dan ilmu kalam. Jurusan Ilahiyat untuk program S1 di Turki masih belum ada penjurusan yang spesifik. Penjurusan khusus seperti jurusan Hadis, jurusan Tafsir, dan lain sebagainya ada di program S2.

Istanbul University

Istanbul University adalah universitas tertua di Turki. Universitas ini didirikan oleh Sultan Muhammad Al Fatih, sang penakluk Konstantinopel. Pada saat itu namanya adalah Darul Funun, yang kemudian sekarang kita kenal dengan nama Istanbul University. Jurusan Ilahiyat sendiri baru ada di Istanbul University mulai tahun 1997 dan berkembang dengan sangat pesat.

Baca juga : Pendaftaran Istanbul University 2021

Salah satu faktor yang menjadikan jurusan Ilahiyat di Istanbul University menjadi favorit adalah kualitas para dosen yang merupakan lulusan perguruan tinggi Eropa dan Timur Tengah. Hal ini membuat kualitas pendidikan jurusan Ilahiyat di Istanbul University sangat berkualitas, sehingga para lulusan dari Istanbul University memegang peranan penting dalam berbagai bidang keagamaan di masyarakat.

Selain itu, sejarah dari Istanbul University yang sangat memukau membuat banyak calon mahasiswa dari seluruh dunia bermimpi untuk bisa kuliah di Istanbul University. Terletak di kota terbaik di Turki dan posisi yang strategis, juga alasan lain kenapa universitas ini menjadi incaran para calon mahasiswa.

Baca Juga :  Cara Mudah Kuliah Di Turki

Marmara University

Marmara University adalah sebuah universitas negeri yang terletak di kota Istanbul. Ada banyak cendekiawan muslim yang lahir dari universitas ini. Tidak heran, kalau universitas ini merupakan universitas terbaik jurusan Ilahiyat.

Selain kualitas pendidikan yang sangat bagus, universitas ini juga memiliki keunikan dari bentuk bangunannya. Terutama bangunan fakultas Ilahiyat. Gedung yang dibangun dengan ciri khas artistik membuat universitas ini tampak indah dan berbeda.

Karena universitas ini terletak di daerah Uskudar, maka kamu bisa melihat indahnya Selat Bosphorus berdekatan dengan universitas ini. Perpaduan antara keindahan alam dengan universitas terbaik menjadikan kamu betah untuk belajar disini.

Untuk jurusan Ilahiyat, Marmara University memiliki sejumlah pengajar berkualitas di bidang Tafsir dan Hadis. Walaupun demikian, bidang lainnya juga memiliki pengajar yang tidak kalah kualitasnya. Oleh sebab itu menjadi salah satu pilihan kami sebagai universitas terbaik di Turki jurusan ilahiyat.

Adapun perkuliahannya menggunakan bahasa Turki dan Arab sebagai bahasa pengantar. Oleh karena itu kamu harus menguasai kedua bahasa ini untuk kemudahan belajar di sana. 

Necmettin Erbakan University

Necmettin Erbakan University adalah universitas negeri yang berada di kota Konya.

NEU terkenal dengan beberapa jurusannya termasuk jurusan Keagamaan (teologi). Universitas ini berada di Konya yang merupakan pusat wisata religi di mana terdapat makam dan museum Jalaluddin Rumi.

Universitas yang bisa dikatakan muda ini juga memiliki jurusan Ilahiyat yang sangat baik sehingga termasuk ke dalam jajaran jurusan Ilahiyat terbaik di Turki.

Baca juga : Urutan Peringkat Universitas Terbaik di Turki Tahun 2020

Ankara University

Ankara University terletak di kota Ankara yang merupakan ibukota negara Turki. Universitas ini merupakan universitas yang pertama kali membuka jurusan Ilahiyat. Tidak heran jika jurusan Ilahiyat di universitas ini sangat berkualitas.

Baca Juga :  Apakah Perlu Agen Kuliah di Turki?

Para lulusan dari universitas ini kemudian tersebar ke seluruh penjuru Turki dan menjadi pelopor jurusan Ilahiyat di universitas-universitas yang berada di kota mereka masing-masing.

Salah satu keunggulan jurusan Ilahiyat di Ankara University adalah adanya perpustakaan yang sangat lengkap yang berisi tentang buku-buku klasik, naskah kuno dan juga berbagai makalah lama yang merupakan peninggalan dunia pendidikan Islam sejak zaman Turki Usmani.

Uludağ University

Uludağ University adalah salah satu universitas negeri yang terletak di kota Bursa. Kota ini dulunya adalah ibukota dari Turki Usmani sebelum Istanbul ditaklukkan. Tidak heran jika kota ini memiliki banyak sekali peninggalan-peninggalan bersejarah dari Turki Usmani dan masih memiliki suasana yang sangat berkesan dengan bangunannya.

Jurusan Ilahiyat di universitas ini termasuk salah satu program terbaik. Hal ini karena kualitas pengajar, faslitas universitas dan juga standarisasi pendidikan yang baik. Banyak sekali ulama, guru, dosen bahkan cendikiawan muslim yang lahir dari Uludağ University.

Hampir sama seperti Ankara University, Uludağ University juga memiliki perpustakaan yang lengkap dan menyimpan buku-buku klasik. Sehingga mahasiswa bisa mempelajari berbagai ilmu dari sumbernya langsung.

Istanbul 29 Mayıs University

Istanbul 29 Mayıs University adalah universitas pertama yang diurus langsung oleh Departemen Agama Turki. Universitas yang terletak di kota Istanbul ini memang direncanakan akan menjadi sebuah universitas Islam. Jurusan Ilahiyat yang ada di universitas ini menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa pengantarnya.

Para pengajar di universitas ini pun banyak yang berasal dari negara-negara Arab seperti Yordania, Suriah, Libanon dan Mesir. Maka tidak heran jika mahasiswa di universitas ini pandai berbahasa Arab.

Walaupun universitas ini masih tergolong sangat muda karena didirikan pada tahun 2011, namun untuk kualitas jurusan Ilahiyat di universitas ini tidak kalah dengan universitas lain. Bahkan jurusan Ilahiyat di universitas ini menjadi salah satu jurusan Ilahiyat terbaik di Turki.

Baca Juga :  Jadwal Ujian YÖS Universitas Sakarya 2020

Hebatnya, universitas ini memiliki perpustakaan Islam terlengkap di Turki dengan literatur dan buku-buku yang komplit, bekerja sama dengan sebuah lembaga penelitian Islam di Turki yang bernama ISAM. Perpustakaan ini khusus hanya untuk mahasiswa Istanbul 29 Mayis University.

Baca juga : Sistem Pendidikan di Turki Yang Wajib Kamu Ketahui

Ataturk University

Ataturk University adalah salah satu universitas negeri yang terletak di kota Erzurum. Kota ini merupakan kota terbesar di Anatolia Timur. Universitas yang berdiri sejak tahun 1957 ini juga memiliki jurusan Ilahiyat terbaik bagi kamu yang ingin kuliah di Turki.

Menuntut ilmu di Ataturk University bisa menjadi pilihan kamu berikutnya, terutama untuk jurusan Ilahiyat. Hingga saat ini, Ataturk University telah menjadi pusat keunggulan pendidikan dan budaya untuk wilayah timur, dengan memiliki 30 pusat penelitian.

Selain itu, Ataturk University memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk berbagai aktivitas mahasiswanya. Salah satunya adalah rumah sakit pelatihan dan penelitian terbesar di Turki yang menjadi pusat kesehatan bagi masyarakat Anatolia Timur dan Laut Hitam Timur. Tidak hanya itu, universitas juga memiliki fasilitas sosial di area kampus meliputi bioskop, pusat kebugaran, kolam renang, dan pusat bowling.

Berbagai macam kursus keterampilan ada di universitas ini. Ada kursus tarian rakyat tradisional, musik rakyat Turki, serta musik Barat dan teater. Karena itulah, Ataturk University memiliki sumber daya yang cukup untuk menyelenggarakan festival budaya, konser, upacara perayaan, pameran, dan kegiatan sejenis lainnya sepanjang tahun.

Keunggulan lain dari Ataturk University adalah perpustakaannya. Universitas ini memiliki salah satu perpustakaan terkaya dan paling terkenal di Turki. Perpustakaannya memiliki banyak koleksi, catatan, kerajinan tangan, dan buku-buku sejarah.

Demikianlah beberapa universitas di Turki yang kami nilai paling baik di antara universitas-universitas lain dengan jurusan Ilahiyat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *