Desember 6, 2022
Tips Memilih Agen Kuliah di Turki

Tips Memilih Agen Kuliah di Turki

Seiring meningkatnya minat pelajar Indonesia untuk melanjutkan kuliah di Turki, maka akhir-akhir ini juga muncul sangat banyak agen untuk memberangkatkan siswa ke Turki. Beragam program dan harga yang menarik ditawarkan dengan tujuan agar siswa bisa mendapatkan bangku kuliah di negeri dua benua tersebut. Hal ini membuat kita harus lebih teliti dalam memilih agen untuk Kuliah di Turki. Memang, Kuliah di Turki dengan menggunakan jasa agen sangat membantu dan memudahkan di setiap urusan. Namun, jika sampai salah memilih agen, maka ada banyak sekali kerugian yang bisa dialami.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih agen Kuliah di Turki.

1. Pastikan Legalitas Perusahaannya Jelas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan dalam memilih agen Kuliah di Turki adalah legalitasnya. Pastikan lembaga tersebut adalah lembaga resmi dan terdaftar di Kemenkumham. Baik berupa PT, CV atau Yayasan, yang terpenting adalah legalitas. Dengan adanya legalitas tersebut membuktikan bahwa lembaga tersebut jelas baik dalam hal kantornya, susunan pengurusnya, keuangannya, dan segala halnya dapat dipertanggung jawabkan secara hukum.

Saran kami, saat Anda sedang mencari tahu tentang satu agen, maka tanyakan legalitas agen tersebut, apakah berupa PT, CV atau Yayasan. Jika mereka bukan lembaga atau perusahaan resmi, ada baiknya Anda mencari agen yang lain.

2. Pastikan Tim Konsultannya Berpengalaman

Memberikan kepercayaan kepada sebuah agen artinya kita bersandar pada orang yang ada di dalam agen tersebut. Pastikan segala urusan Anda ditangani oleh konsultan yang professional dan berpengalaman dalam memberangkatkan siswa ke Turki. Lebih bagus lagi jika konsultan tersebut adalah lulusan Turki. Jangan sampai urusan Anda ditangani oleh karyawan yang baru belajar atau orang yang belum berpengalaman.

Baca Juga :  Kuliah di Turki Mandiri 2022 Mulai 600 Ribu Rupiah per Semester! Tanpa TOEFL/IELTS!

Saran kami, saat Anda akan mendaftar ke suatu agen, tanyalah informasi sedetail mungkin, mulai tentang universitas, jurusan, sistem kuliah di Turki, dan lain sebagainya. Jika mereka tidak bisa menjawab pertanyan Anda dengan baik, sepertinya Anda perlu mencari agen yang lain.

3. Hindari Agen Musiman

Meningkatnya minat pemuda Indonesia untuk Kuliah di Turki membuat para agen kuliah di luar negeri melihat ini sebuah peluang bisnis. Maka mereka berlomba-lomba membuat paket semenarik mungkin untuk memberangkatkan siswa ke Turki. Saat ini ada puluhan agen dalam bidang Kuliah di Turki. Agen yang semula memberangkatkan siswa ke Jerman, Prancis, Saudi, Mesir, Yaman, Australia, China, Jepang, dan lain sebagainya pun turut andil memperpanjang daftar agen Kuliah di Turki.

Saran kami, cek website resminya. Jika isinya “gado-gado”, mereka juga jual paket kuliah di negara lain dan kelihatan “coba-coba” jual paket Kuliah di Turki, ada baiknya Anda mencari alternatif lain. Kami sarankan memilih agen yang memang fokus dan konsisten hanya memberangkatkan siswa ke Turki saja.

4. Ada Harga Ada Kualitas

Ungkapan tersebut mungkin sering kita dengar. Ungkapan itu juga berlaku dalam hal memilih agen kuliah di Turki. Ya, ada harga ada kualitas. Saat ini banyak agen sedang melakukan “perang harga”, hal tersebut dilakukan untuk menarik siswa sebanyak mungkin. Namun ada baiknya kita melihat benefit apa saja yang ditawarkan dan bagaimana komitmen pelayanan mereka. Penulis sering diminta membantu siswa yang diberangkatkan suatu agen yang pekerjaan mereka belum tuntas. Misalnya tidak dibantu membuat ikamet, tidak dibantu mengurus daftar ulang, tidak selesai mengurus surat penyetaraan dan lain sebagainya. Maka dari itu jangan langsung tergiur dengan harga murah.

Baca Juga :  5 Universitas Di Izmir Turki

5. Konsultan Yang Baik Bicara Terus Terang

Manis dibilang manis, pahit dibilang pahit. Itulah konsultan. Jika semuanya dibilang manis, Anda patut mempertanyakan kejujurannya. Misalnya, apakah mungkin lolos jurusan Kedokteran di universitas negeri dengan jalur berkas (rata-rata ijazah) yang nilainya sekitar 85? Mustahil! Untuk lolos jurusan kedokteran di universitas negeri harus punya nilai ujian YOS atau SAT dengan nilai yang cukup tinggi. Konsultan yang baik akan terus terang. Mustahil akan dikatakan mustahil. Bukan diberi harapan atau janji palsu yang penting mendaftar. Maka tugas konsultan yang baik adalah mengarahkan siswa untuk memilih jurusan sesuai dengan minat dan juga nilai yang dimiliki.

Demikian beberapa tips dari kami dalam memilih agen untuk Kuliah di Turki. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *