Juni 23, 2024

Informasi Lengkap Seputar Kota Ankara, Turki

Ankara adalah ibu kota Turki dan merupakan kota terbesar kedua setelah Istanbul. Kota ini terletak di bagian tengah Anatolia dan memiliki sejarah yang kaya sebagai pusat politik dan budaya di Turki. Ankara juga merupakan pusat perdagangan, industri, dan transportasi di Turki, serta memiliki banyak tempat wisata seperti Museum Anatolia, Kastil Ankara, dan Kuil Augustus.

Sejarah Kota Ankara

Ankara memiliki sejarah yang panjang dan bermula sejak zaman kuno. Kota ini dulunya dikenal sebagai Ankyra, yang berarti “tempat yang sulit dikuasai” dalam bahasa Yunani. Pada abad ke-3 SM, kota ini menjadi bagian dari kerajaan Galatia, sebuah kerajaan yang didirikan oleh orang-orang Galia yang menetap di Anatolia.

Pada abad ke-1 SM, Ankara menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi dan menjadi pusat administratif di wilayah tersebut. Selama periode Bizantium, Ankara tetap menjadi pusat penting sebagai kota perbatasan antara Kekaisaran Romawi Timur dan Timur Tengah.

Pada abad ke-11, kota ini dikuasai oleh Kekaisaran Seljuk dan menjadi pusat penting dari kebudayaan Islam. Pada abad ke-13, Ankara jatuh ke tangan Mongol, dan kemudian menjadi bagian dari Kesultanan Utsmaniyah pada abad ke-14. Pada masa Kesultanan Utsmaniyah, Ankara menjadi pusat administratif dan budaya di Turki.

Setelah berdirinya Republik Turki pada tahun 1923, Ankara dijadikan sebagai ibu kota negara untuk menggantikan Istanbul. Sejak saat itu, kota ini telah mengalami pertumbuhan pesat dan menjadi pusat politik, budaya, dan ekonomi di Turki.

Jumlah Penduduk di Ankara

Menurut data terakhir yang tersedia pada 2021, jumlah penduduk di Kota Ankara adalah sekitar 5,7 juta jiwa. Ini menjadikan Ankara sebagai kota terbesar kedua di Turki setelah Istanbul, serta sebagai ibu kota negara dengan populasi terbesar kedua di dunia setelah Tokyo, Jepang.

Pertumbuhan penduduk Ankara telah meningkat pesat dalam beberapa dekade terakhir karena perkembangan ekonomi dan urbanisasi yang pesat di kota ini. Namun, Pemerintah Kota Ankara telah melakukan berbagai upaya untuk mengendalikan pertumbuhan populasi dan memperbaiki infrastruktur kota untuk mengatasi masalah kepadatan penduduk dan kemacetan lalu lintas.

Mata Pencaharian Penduduk Ankara

Penduduk Ankara memiliki beragam mata pencaharian, terutama di sektor jasa dan industri. Sebagai ibu kota Turki, sektor publik dan pemerintahan merupakan salah satu penyumbang utama lapangan pekerjaan di kota ini. Selain itu, Ankara juga memiliki sektor industri yang besar, seperti industri tekstil, farmasi, teknologi informasi, dan manufaktur.

Selain sektor publik dan industri, sektor jasa juga menjadi penyumbang lapangan pekerjaan yang signifikan di Ankara. Banyak penduduk Ankara yang bekerja di sektor perdagangan, jasa keuangan, pariwisata, dan perhotelan. Selain itu, dengan adanya universitas terkemuka di Ankara, pendidikan juga menjadi salah satu sektor penting dalam perekonomian kota ini.

Di samping itu, beberapa penduduk Ankara juga bekerja di sektor pertanian dan peternakan di wilayah pedesaan di sekitar kota. Ada juga sebagian penduduk yang menjadi pengusaha kecil-kecilan atau bekerja di sektor informal.

Transportasi di Kota Ankara

Kota Ankara memiliki berbagai jenis transportasi yang tersedia, seperti:

  1. Angkutan umum: Kota Ankara memiliki sistem angkutan umum yang baik, terdiri dari bus, metro, kereta ringan, dan trem. Ada juga jaringan bus cepat yang disebut “Ankara Metrobüs”, yang menghubungkan berbagai wilayah di kota.
  2. Taksi: Taksi tersedia di seluruh kota, dengan tarif yang tergolong murah.
  3. Sepeda: Sepeda menjadi alternatif transportasi yang semakin populer di Ankara, dengan tersedianya berbagai tempat penyewaan sepeda di beberapa area kota.
  4. Mobil pribadi: Banyak penduduk Ankara memiliki mobil pribadi, meskipun kemacetan lalu lintas bisa menjadi masalah di beberapa wilayah kota pada jam sibuk.

Selain itu, Ankara memiliki bandara internasional yang melayani penerbangan domestik dan internasional, serta stasiun kereta api utama yang menghubungkan Ankara dengan kota-kota lain di Turki dan luar negeri.

Universitas di Kota Ankara

Kota Ankara adalah pusat pendidikan tinggi di Turki, dan memiliki beberapa universitas terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional. Beberapa universitas yang terkenal di Ankara antara lain:

  1. Universitas Hacettepe: Universitas negeri terkemuka di Turki yang terletak di pusat kota Ankara, dengan fakultas-fakultas yang luas dan program-program pendidikan yang berkualitas.
  2. Universitas Ankara: Universitas negeri tertua di Turki, didirikan pada tahun 1946 dan memiliki beberapa fakultas yang terkenal, termasuk Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Pendidikan.
  3. Universitas Bilkent: Universitas swasta terkemuka di Ankara, didirikan pada tahun 1984 dan terkenal karena program-program pendidikan yang berkualitas, terutama di bidang teknologi, ilmu sosial, dan seni.
  4. Universitas Middle East Technical (ODTÜ): Universitas negeri terkemuka di Turki yang terletak di luar kota Ankara, dan dikenal karena program-program pendidikan teknik dan ilmu pengetahuan alamnya yang terkenal.

Selain universitas di atas, Ankara juga memiliki beberapa institusi pendidikan tinggi lainnya, seperti Universitas Gazi, Universitas TOBB Ekonomi dan Teknologi, dan Universitas Baskent, serta berbagai institut dan pusat penelitian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *