Desember 6, 2022
5 Aplikasi Belajar Online Dengan Pengguna Terbanyak

5 Aplikasi Belajar Online Dengan Pengguna Terbanyak

Di masa pandemi seperti ini, para guru dan tenaga pengajar harus bisa beradaptasi dengan sebaik mungkin. Hal ini diperlukan agar para peserta didik atau murid tidak ketinggalan pelajaran. Walau pun terhalang untuk memberikan materi secara tatap muka, para guru harus bisa mencari cara agar materi pelajaran dapat tersampaikan dengan baik.

Dengan kecanggihan teknologi, ada beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh Bapak/Ibu guru dalam memberikan pelajaran jarak jauh. Diantaranya Google Classroom, Animaker, Edmodo, Zoom dan Edpuzzle.

Sebelum wabah pandemi Covid-19 menyerang, kegiatan belajar banyak dilakukan di dalam kelas. Para guru dapat dengan mudah memberikan materi, tugas dan evaluasi kepada para siswa. Namun dalam keadaan saat ini, adanya inovasi dalam pembelajaran menjadi sangat penting. Agar pembelajaran dapat terus berjalan dengan efektif dan efisien.

Berikut ini beberapa aplikasi penting untuk belajar mengajar yang dapat Bapak/Ibu guru gunakan.

Google Classroom

Aplikasi ini adalah program pembelajaran dan evaluasi secara online yang dibuat untuk mempermudah aktivitas antara guru dan siswa. Dengan menggunakan aplikasi ini, pembelajaran dapat berlangsung tanpa harus tatap muka. Guru dapat mengunggah materi dalam berbagai file, foto dan video dan siswa dapat melihat serta mempelajarinya dengan mudah.

Google Classroom merupakan aplikasi berbasi situs yang dikembangkan oleh Google dengan berbagai fitur menarik yang harus dimanfaatkan. Diantara yang paling membantu adalah guru dapat melihat perkembangan dan juga nilai secara real time kepada para siswa.

Maka bagi Anda para guru, aplikasi Google Classroom adalah salah satu media yang wajib Anda gunakan.

Animaker

Animaker adalah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk membuat video animasi materi evaluasi. Program ini memberikan kemudahan bagi para guru untuk menguraikan materi tanpa harus tatap muka. Video yang dibuat dapat menjadi media yang efektif dan menyenangkan bagi para siswa.

Aplikasi yang diluncurkan oleh perusahaan asal Amerika ini memiliki berbagai fitur lengkap yang memungkinkan kita untuk membuat materi, membagikan kuis, tugas dan juga menjalin komunikasi dengan para siswa bahwa orang tua siswa.

Baca Juga :  Cara Mempercepat Windows 10

Edmodo

Edmodo adalah salah satu diantara program pembelajaran online yang disukai dan banyak digunakan di seluruh dunia. Didukung dengan fitur yang lengkap dan mudah digunakan, Edmodo menjadi salah satu pelopor media pembelajaran online antara guru dan siswa.

Zoom

Aplikasi yang paling populer dan banyak digunakan adalah Zoom. Zoom memberikan kesempatan bagi kita untuk melakukan pertemuan langsung secara online. Aplikasi yang dapat menampung lebih dari 100 peserta online dalam waktu yang bersamaan ini bahwa tidak hanya digunakan untuk memberikan pelajaran saja. Seringkali aplikasi ini digunakan untuk seminar online atau webinar. Bahkan wisuda di masa pandemi. Zoom juga dapat merekam pembelajaran dari awal sampai akhir, sehingga jika ada siswa yang tidak hadir, maka bisa dengan mudah mengulang rekaman pembelajaran yang terlewatkan.

Edpuzzle

Aplikasi ini bisa membantu para guru untuk membuat video evaluasi, mengubah, memotong, merekam suara dan menambah pertanyaan dalam kuis dengan cara yang sangat mudah. Dengan aplikasi ini, siswa akan merasa pembelajaran menjadi sangat menyenangkan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan statistik perkembangan siswa yang dapat menjadi acuan para guru dalam mengevaluasi pembelajaran.

Demikian beberapa aplikasi yang dapat membantu dalam kegiatan belajar mengajar secara online. Kalau Anda paling suka pakai aplikasi yang mana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *