Desember 6, 2022

Universitas Terbaik di Turki Untuk Mahasiswa Asing

Sebelum kita bicara tentang universitas terbaik di Turki, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Jumlah calon mahasiswa yang ingin kuliah di Turki menunjukkan peningkatan yang sangat pesat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2014 tercatat ada sekitar 48 ribu pelajar asing, sementara pada saat ini ada sekitar 172 ribu pelajar asing. Peningkatan ini menunjukkan kemajuan Turki di bidang pendidikan.

Diantara beberapa alasan mahasiswa asing memilih Turki sebagai negara tujuan studi adalah kualitas pendidikan yang tinggi, biaya kuliah yang terjangkau, biaya hidup yang murah, transportasi dan akomodasi yang baik dan memadai.

Turki dengan keindahan alamnya merupakan negara yang termasuk dalam 10 besar destinasi wisata di seluruh dunia. Pemerintah Turki mentargetkan 350 ribu pelajar asing untuk melanjutkan pendidikan tingkat tinggi di Turki.

Jika kamu ingin kuliah di Turki, kamu bisa melihat beberapa universitas terbaik dalam tulisan ini.

Universitas di Turki

Di Turki ada sekitar 200 universitas negeri. Jumlah ini menunjukkan perkembangan pendidikan yang sangat pesat di Turki. Padahal pada tahun 1970 hanya ada 8 universitas negeri. Universitas swasta pertama di Turki, Bilkent University didirikan pada tahun 1984. Diantara universitas baru di Turki adalah Universitas Internasional Antalya yang mulai aktif tahun ajaran 2012/2013. Universitas ini mentargetkan lebih dari setengah mahasiswanya adalah mahasiswa asing.

Baik universitas negeri atau universitas swasta di Turki telah menggunakan sistem Bologna dan mengikuti program Erasmus, yaitu program pertukaran pelajar antar Eropa. Menurut sistem pendidikan QS, pendidikan tinggi Turki menempati peringkat ke 43 di seluruh dunia.

Baca Juga :  Ujian YOS Istanbul University Ditunda! Ini Jadwal Terbarunya!

Universitas Terbaik di Turki

Menurut QS World University Rankings, ada 10 universitas Turki yang merupakan universitas terbaik di Eropa dan Asia Tengah. Dan ada 45 universitas Turki yang masuk ke dalam daftar universitas terbaik dunia. Universitas terbaik di Turki kebanyakan berada di dua kota besar Turki, yaitu Istanbul dan Ankara. Di Ankara ada Orta Doğu Teknik University, Bilkent University dan Hacettepe University. Sedangkan di Istanbul ada Boğaziçi University, Koç University, Sabancı University, Istanbul Teknik University dan Istanbul University.

Orta Doğu Teknik University

Universitas Orta Doğu Teknik yang terletak di kota Ankara ini, menurut EECA menempati peringkat ke delapan. Universitas yang bertujuan untuk membangkitkan pendidikan di Turki dan negara-negara Asia Tengah didirikan pada tahun 1956. Pada saat ini ada sekitar 31 ribu mahasiswa yang menimba ilmu di Orta Doğu Teknik University. Kebanyakan dari mereka adalah mahasiswa yang mengikuti program Erasmus selama satu semester atau satu tahun. Banyak sekali orang yang ingin mendaftar di universitas ini. Dari sekitar 1,5 juta orang yang mendaftar, hanya sekitar 1,5% yang diterima menjadi mahasiswa. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris.

Boğaziçi University

Pada tahun 2019, Boğaziçi University menempati peringkat 10 versi EECA. Universitas ini didirikan pada tahun 1863 dan merupakan universitas Amerika pertama yang dibangun di luar USA. Boğaziçi University terletak dekat dengan selat Bosphorus dan Benteng Rumelihisarı. Sebagaimana Orta Doğu Teknik University, Universitas ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Universitas ini menggunakan sistem pendidikan tinggi standar Amerika.

Koç University

Universitas swasta yang didirikan pada tahun 1993 di Istanbul ini menduduki peringkat ke 12 pada tahun 2019 versi EECA. Pendirinya adalah seorang pengusaha dan dermawan bernama Vehbi Koç. Salah satu universitas paling bergengsi di Turki ini memiliki 22 program sarjana, 32 program pascasarjana dan 18 program doktoral. Pada saat ini ada sekitar 5.500 mahasiswa yang belajar di Koç University. Universitas ini memiliki misi untuk mencetak para pemimpin yang percaya diri, mampu bersaing, menciptakan, terarah, memiliki pengetahuan internasional, dan mencetak generasi terbaik di Turki.

Baca Juga :  Dokumen Yang Diperlukan Untuk Membuat Visa Studi Turki

Bilkent University

Universitas yang menurut versi EECA menempati peringkat ke 14 ini, namanya berasal dari dua kata, yaitu bilim (ilmu pengetahuan) dan kent (kota). Artinya yaitu kota ilmu pengetahuan. Bilkent University, didirikan pada tahun 1984 oleh seorang akademisi Turki, Ihsan Doğramacı. Universitas ini disebut memiliki perpustakaan terlengkap di Turki. Universitas yang memiliki 9 fakultas ini juga merupakan salah satu universitas terdepan dalam hal penelitian. Ada sekitar 13 ribu mahasiswa yang belajar di universitas ini dan kebanyakan adalah mahasiswa asing.

Sabancı University

Universitas swasta yang terletak di kota Istanbul ini menempati peringkat ke 18 versi EECA pada tahun 2019. Sementara itu di Turki menempati peringkat ke 5. Universitas yang didirikan pada tahun 1999 ini, memiliki sekitar 4 ribu mahasiswa yang sedang aktif belajar. Sabancı University memiliki program sarjana dan pascasarjana mulai dari ilmu teknik, ilmu alam, seni dan sosial. 42% dari mahasiswa universitas ini mendapatkan beasiswa.

Demikian universitas terbaik di Turki. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Urutan Peringkat Universitas Negeri di Turki

Sumber

One thought on “Universitas Terbaik di Turki Untuk Mahasiswa Asing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *